-->

Polres Tidore Bakal Berubah Status Ke Polresta

Editor: Redaksi author photo
Kapolres Kota Tidore Kepulauan, AKBP Yohanes Jalung, SIK
Polres Tidore Kepulauan bakal berubah status menjadi Polresta (Kepolisian Resor Kota). Peningkatan tipologi Polresta itu menurut rencana akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Kepolisian Resor Kota Tidore Keulauan, AKBP Yohanes Jalung, SIK. menjelaskan, bahwa pengalihan status Polisi Daerah (Polda) Maluku Utara dari tipe B ke tipe A menjadi salah satu syarat utama.

“Syarat Polda tipe A itu, untuk jajarannya di tingkat polres sudah harus ada satu Polresta (Kepolisian Resor Kota)” ujar Yohanes saat di temui media ini usai digelarnya Upacara Hari Bayagkara ke -74. Rabu, 1 Juli 2020 siang tadi di Polres Tidore.

Tak hanya itu, pihaknya membenarkan bahwa sebelumnya dari bidang perencanaan dan anggaran (Rena) Mabes Polri melalui Video Converence (ViCon) telah memilih Polres Kota Tidore Kepulauan sebagai Polresta.

“Untuk perubahaan tipe di arahkan ke Polres Tidore, Karena pertimbangannya bagian dari penyangga Ibu Kota Provinsi dan Kota Tidore itu sendiri. Selain itu Kota Tidore menjadi salah satu lintasan dari semua kabupaten, sehingga itu menjadi salah satu pertimbangan peningkatan dari Polres ke Polresta,” Jelasnya.

Untuk peningkatan status ini, pihaknya menambahkan bahwa secara otomatis akan berubah, baik struktur maupun penganggaran.

“Ditingkat pimpinan akan dipimpin oleh Komisaris Besar (Kombes) Polisi, otomatis dibawahnya juga nanti akan berubah semua kepangkatannya serta penambahan personil,” tambahnya.

Untuk penempatan posisi kantor, Kapolres menjelaskan bahwa sementara masih dibahas di tingkat Rena Mabes Polri maupun Polda Malut.

“Keputusannya ada di Rena dan Polda, apakah di Sofifi atau di Pulau Tidore, tentunya nanti ada pengkajian yang lebih dalam lagi,” tutupnya.

Share:
Komentar

Terbaru