-->

Pemkot Tikep Terus Evaluasi Kerja Gugus Tugas Penanganan Covid 19

Editor: Redaksi author photo
Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleiman menggelar menggelar evaluasi pencapaian kegiatan di lapangan oleh Pimpinan OPD yang masuk dalam stuktur Organisasi Gugus Tugas Covid

Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan menggelar evaluasi pencapaian kegiatan di lapangan oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk dalam stuktur Organisasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan.

Sekitar 24 Pimpinan OPD dievalusi oleh Sekretaris Daerah selaku Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 di Sekretariat Gugus Tugas di ruang rapat Sekda, Senin (6/4), terkait dengan kinerja masing-masing OPD yang telah dicapai paskah pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tidore Kepulauan.

Sekda Asrul Sani Soleiman memulai dengan evaluasi tentang tertib administrasi bagi seluruh anggota Gugus Tugas dari unsur OPD selama menjalankan tugas penanganan Covid-19 di lapangan, antara lain laporan dan data terkait orang dalam pemantuan (ODP), agar dilakukan secara cepat, tepat dan diteliti ulang secara cermat setiap hari, dibuat rekapannya secara tertulis dan dapat dipertangungjawabkan.

Asrul Sani juga menegaskan setiap OPD dalam hal penggunaan dana untuk penanganan Covid-19 harus dipertanggungjawabkan secara administrasi disertai dengan bukti penggunaannya untuk apa, dilarang keras menyalahgunakan keuangan dalam menangani masalah kemanusian ini. Semua penggunaan dana harus digunakan secara terukur dan tepat sasaran.

“Dengan tertib administrasi, maka setiap laporan yang masuk akan menjadi rujukan dalam upaya penanganan secara cepat dan tepat sasaran. Saya minta kepada bapak dan ibu Pimpinan OPD yang masuk dalam Gugus Tugas supaya bekerja secara terkoordinir dan harus tertib administasi,” evaluasi Asrul Sani.

Orang nomor tiga di Kota Tidore Kepulauan ini juga meminta Pimpinan OPD untuk memahami secara utuh tugas dan fungsi yang sudah diurai dalam Surat Keputusan Walikota Nomor 46.1 Tauhun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Disease Tahun 2019, dengan baik.

Terkait dengan evaluasi kebutuhan bahan pokok untuk mengantisipasi timbulnya situasi darurat penanganan COVID-19, Asrul Sani memerintahkan kepada Tim Gugus Tugas yang mengangani tugas pemulihan dan layanan dasar, untuk menghitung ulang dan mendata secara akurat sleuruh kebutuhan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan, Idul Fitri dan paska Idul Fitri selama tiga bulan ke depan

Khusus kepada tim medis dan petugas lapangan yang tergabung dalam Gugus Tugas maupun Satgas tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan agar memberikan pelayanan maksimal kepada setiap orang yang dikarantina di loaksi karantina yang telah ditetapkan.

“Saya juga minta agar para medis, tim gugus tugas maupun orang yang dikarantina, diberikan suplemen dan pelayanan yang baik, karena mereka semua juga butuh daya tahan tubuh yang kuat,” tutup Asrul Sani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Abdullah Maradjabesy, menjelaskan bahwa bahwa untuk saat ini Gugus Tugas dan Satgas tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan harus fokus pada upaya pencegahan, sehingga Covid-19 ini tidak sampai menyebar masuk di Wilayah Kota Tidore Kepulauan


“Kita juga membutuhkan laporan yang akurat dari Satgas Covid-19 di setiap kecamatan, kelurahan maupun desa, karena mereka adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini, tanpa mereka tidak bisa berjalan dengan baik,” kata dr Abdullah



Share:
Komentar

Terbaru