Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Malut Siap Dukung Sail Tidore 2021

Editor: Redaksi
Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim (depan tengah), pimpin rapat terkait persiapan Sail Tidore 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), memberikan dukungan pengembangan dan bantuan terhadap persiapan agenda pelaksanaan Sail Tidore Tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Utara, H. Fasri Bachmid, SP. MSP, dihadapan Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH bersama Pimpinan OPD terkait di ruang rapat walikota, Rabu pagi, (1/4).

Menurut Fasri, pihaknya sudah mendapat perintah dari Menteri PU-PR terkait dukungan terhadap Persiapan Sail Tidore 2021, namun berhubung situasi negara yang saat ini dilanda wabah virus corona sehingga baru bisa bertemu langsung dengan walikota dan OPD terkait untuk membahas dukungan tersebut.

Kementerian PU-PR telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk penataan dan pengembangan beberapa kawasan di Kota Tidore terkait persiapan Sail Tidore 2021. Ada sebagian perencanaan sudah dalam bentuk detail engineering design (DED), dan DED tersebut akan diserahkan ke pemerintah kota melalui Dinas PU Kota Tidore Kepulauan untuk dilihat dan dikaji ulang secara detail guna pembahasan lebih lanjut.

Terkait dengan pantai pendaratan Megalhaens di Rum, sudah pernah diekspose dihadapan walikota dan sudah disampaikan juga ke pusat. “Tinggal kami bersama Kadis PU, Perkim untuk kaji kembali dari skala prioritas untuk anggaran tahun 2020,” terang Fasri.

Penanganan sumber air bersih di beberapa titik di Kota Tidore Kepulauan juga diperhatikan oleh kementeran PU-PR melalui Balai, guna memberikan dukungan kebutuhan air bersih yang memenuhi standar pada saat berlangsungnya Sail Tidore 2021 nanti.

Selain itu, Kementerian PU PR melalui balai juga memperhatikan beberapa tempat yang juga menjadi prioritas dalam pengembangan, seperti kawasan Kadataon, benteng tore, pengembangan jalur penghubung kawasan kadaton dan revitalisasi tangga pelabuhan serta sejumla lokasi lainnya.

“Semuanya telah kami rencanakan, untuk itu saya minta dukungan doa dan kerjasama semua pihak, semoga situasi negara yang sementara dilanda wabah virus corona ini segera berakhir, sehingga tidak menggangu pelaksanaan di tingkat lapangan guna mendukung pelaksanaan Sail Tidore tahun 2021,” imbu Fasri.     

Semenara itu, Walikota Ali Ibrahim menyampaikan penghargaan dan terima kepada Kementerian PU-PR yang telah ikut mengambil bagian dalam bentuk dukungan pembangunan menjelang Sail Tdiore 2021.

“Kita semua berdoa dan terus berusaha agar penyebaran virus corona ini segera berakhir, sehingga seluruh perencanaan program dari Kementerian dapat terlaksana dengan baik dalam mendukung kesiapan Sail Tidore 2021,” terang Ali.

Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut dihadiri Kepala Dinas (Kadis) PU Ade Soleman, Kadis Perkimtan Muslihin, kadis Pariwisata Yakub Husain, Kepala Bappelitbang Sofyan Saraha dan Kepala PDAM Tidore Ansar Gunawan.


Share:
Komentar

Terbaru