Sail Tidore Momentum Peringatan 500 Tahun Magellan - Elcano

Editor: Redaksi author photo
Pemerintah Daerah kota Tidore kepulauan memaparkan kesiapan Sail Tidore 2021

Pemerintah Daerah kota Tidore kepulauan memaparkan kesiapan Sail Tidore 2021, dihadapan peserta rapat koordinasi pengembangan dan efektivitas pelaksanaan anggaran pada sektor pariwisata Maluku Utara, selasa, 7 Januari 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di aula kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Maluku Utara di Ternate tersebut, dihadiri Sekretaris daerah kabupaten Halmahera Timur, M. Abdu Naser, kepala DJPb Maluku Utara, Bayu Andy Prasetya, para kepala Bappelitbang dan dinas Pariwisata Provinsi Malut, kepala Bappelitbang dan kadis pariwisata kabupaten/kota se Maluku Utara serta Akademisi.

Pemerintaha Kota Tidore Kepulauan yang diwakili sekretaris daerah, Drs. H Asrul Sani Soleiman, memaparkan kesiapan pemerintah kota bersama masyarakat Tidore Kepulauan dalam menyambut kegiatan Sail Tidore 2021, yang diawali dengan peringatan 500 tahun Ekspedisi Magelhaens Elcano mengelilingi dunia, yang dijadwalkan tiba di Tidore pada pertengah tahun 2021 mendatang.

Menurut Asrul Sani Soleiman, Indonesia terutama Provinsi Maluku Utara memiliki kepentingan yang besar dalam memanfaatkan momentum  peringatan 500 tahun Ekspedisi Magelhaens Elcano dan Sail Tidore 2021, terutama dibidang pariwsiata. “Ini momentum yang strategis untuk mempromosikan potensi yang kita miliki sebagai negara maritim, terutama potensi pariwisata di setiap kabupaten dan kota di Maluku Utara,” papar Asrul Sani Soleiman.

Di tempat yang sama, orang nomor tiga di kota Tidore Kepulauan ini, juga mengurai tentang salah satu hasil yang ingin dicapai melalui dua event internasional tersebut, diharapkan akan terjalinnya peningkatan hubungan kerjasama strategis antara pemerintah provinsi Maluku Utara dan pemerintah kabupaten/kota se Maluku Utara dengan negara anggota jaringan global kota Magellan dalam bidang perdagangan, pariwista dan investasi.

Pemaparan Asrul Sani Soleiman ini mendapat respon positif dan dukungan dari peserta rapat koordinasi. Sekretaris daerah kaupaten Halmehara Timur, M. Abdu Naser, misalnya, meminta semua pihak untuk berikan dukungan pada Sail Tidore 2021. “Pada prinsipnya Halmahera Timur sepenuhnya mendukung Sail Tidore 2021, karena Sail Tidore ini dapat kita manfaatkan untuk kepentingan percepatan pembangunan pariwisata di Maluku Utara.

Pemerintah kota Ternate juga memberikan dukungan terhadap rencana pelaksanaan Sail Tidore 2021. Alasannya, Ternate dapat dijadikan sebagai pintu masuk (Bandara Babullah), pelaku usaha disiapkan juga di Ternate dan masing-masing kabupaten/kota punya diferensiasi/kekhasan masing-masing.  “Kota Ternate sangat mendukung Sail Tidore 2021,” ujar kadis parisata kota Ternate Rizal Marsaoly

Kepala kantor wilayah DJPb Maluku Utara, Bayu Andy Prasetya, menegaskan bahwa Sail Tidore harus memiliki nuansa kebaruan. “Kita harus tunjukkan, bahwa Sail Tidore berbeda dengan 11 Sail sebelumnya,” tegas Bayu Andy. Menurut Bayu Andy, menuju persiapan Sail Tidore nanti, perlu dibentuk tim eksternal, untuk mengundang sektor swasta internasional. Kalau bisa diserahkan ke LO Internasional, pemerintah memfasilitasi saja, biar dikelola lebih profesional dan lebih fokus.
Share:
Komentar

Terbaru