Pemkot Tikep Terus Koordinasi Soal Pengembangan Pelabuhan Rum

Editor: Redaksi
Foto Istimewa

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H Ali Ibrahim terus mematangkan langkah untuk mempercantik Pelabuhan Rum Kecamatan Tidore Utara yang merupakan pintu masuk dari Kota Ternate ke Tidore.

Hal itu dibuktikan melalui pertemuan khusus antara Wali Kota yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Daud Muhammad dengan Direktur Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Senin (27/01/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad kepada wartawan media ini via telephone mengaku bahwa dalam pertemuan tersebut, pihak Direktur Kepelabuhanan sangat merespon kesiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore untuk dilakukan pengembangan Pelabuhan Rum dalam rangka menuju agenda yang bertaraf Internasional seperti Sail Tidore pada tahun 2021 mendatang.

“Dalam pertemuan tadi, pihak Direktur Kepelabuhanan sangat merespon, sehingga mereka hanya tinggal menunggu data dari Dinas Perhubungan mengenai pembangunan Pelabuhan Rum, sementara untuk pelabuhan Trikora Goto nantinya diminta kepada KUPP soasio dan KSOP Ternate untuk melakukan pembahasan satuan tiga pada tanggal 6 Februari 2020 di Surabaya untuk ditindaklanjuti. Jadi kami dari Dishub fokusnya pada pengembangan Pelabuhan Rum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Daud menjelaskan bahwa untuk saat ini pihaknya telah menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan pelabuhan Rum dari sisi darat baik itu terkait dengan DID, Fisibilty Study, Dokumen Lingkungan, UKL dan UPL dan itu sudah disahkan.

Selanjutnya tinggal menyiapkan dokumen perencanaan dari sisi laut,” Tahun 2019 kemarin kami sudah siapkan dokumen perencanaannya dari sisi darat, untuk sisi lautnya kami akan siapkan di tahun 2020 ini,” tambahnya.


Share:
Komentar

Terbaru