Dua Sejarawan Jadi Narasumber Seminar Nasional Baabullah

Editor: Redaksi
FGD Seminar Baabullah Pahlawan Nasional, Maret 2019
Seminar Baabullah Pahlawan Nasional yang digagas oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah, Kota Ternate akan digelar pada Kamis 15 Agustus 2019, Pendopo Kesultanan Ternate. Tiga narasumber yang terdiri dari sejarawan nasional, sejarawan daerah, dan perwakilan Kementerian Sosial telah menyiapkan makalah untuk diseminarkan di hadapan 129 peserta.

Tiga narasumber Seminar Nasional, Baabullah Pahlawan Nasional yakni Sejarawan Universitas Indonesia Susanto Zuhdi, Sejarawan Universitas Khairun Ternate, Irfan Ahmad,  dan Kasubdit Gelar Kepahlawanan dan Gelar Keluarga Kementerian Sosial, Afni.

“Prof Susanto Zuhdi, menyiapkan empat lembar makalah, sementara Irfan Ahmad menyiapkan delapan lembar makalah . Dan Afni juga telah membuat 6 lembar makalah untuk seminar kamis besok,” ucap M Ronny Saleh, Anggota Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), kepada awak media, Selasa 13 Agustus 2019.

Ronny mengatakan, makalah seminar dari ketiga narasumber akan dibagi kepada 129 peserta. Dua sejarawan akan mempresentasikan makalah tentang kepahlawanan Sultan Baabullah. Sementara itu, perwakilan Kemensos diundang untuk memaparkan mekanisme dan prosedur pengusulan pahlawan nasional.

“Jelasnya seminar nanti menjadi rujukan penting, untuk memperkuat pembuatan naskah akademik karena TP2GD juga akan menyelenggarakan seminar kedua di Jakarta. Maka itulah kami mengundang pihak Kemensos untuk memperkuat kesiapan sebelum diseminarkan dan diusulkan ke Jakarta,” kata Ronny.

Ronny yang juga selaku Presidium Keluarga Malamo Ternate (KARAMAT), berharap agar semua pihak turut mendukung penyelenggaraan seminar pada kamis, besok.

Selain itu, terkait materi seminar, Irfan Ahmad mengatakan, akan fokus memaparkan spirit perjuangan Baabullah selaku tokoh diplomasi ulung di zamannya.

“Spirit perjuangan ini yang harus dikuatkan dalam naskah akademik,” tegas Irfan.
Share:
Komentar

Terbaru