Pungli HUT KORPRI: Kadis PU Tikep Penuhi Panggilan Reskrim Sebagai Saksi

Editor: Redaksi
Suasana pemeriksaan | Foto Istimewa

TIDORE,MALUT.CO - Setelah mangkir pada panggilan pertama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Kadis PU dan TR) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) M. Ade Soeleman, kembali dipanggil Jumat (15/12) untuk diperiksa sebagai saksi oleh Sat Reskrim Polres Tikep dalam kasus Pungli pada HUT KORPRI Tikep. 

Kadis PU-TR mulai menjalani pemeriksaan pada pukul. 14.00 WIT, atau usai sholat Jumat di Polres Tidore Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Pemeriksaan yang dilakukan terhadap M. Ade Soleman itu karena dianggap sebagai peserta yang turut memberikan uang pendaftaran pada HUT KORPRI khusunya di bidang olahraga Sepak Bola, pemeriksaan tersebut berjalan kurang lebih selama dua jam.

“Selanjutnya akan kita lakukan pemanggilan juga terhadap panitia lainnya, jadi nanti hari senin baru saya ke kantor karena sementara ini saya baru balik dari luar daerah,” ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Tidore AKP. Naim Ishak saat diconfirmasi melalui via whatsApp.

Sekadar diketahui untuk saat ini terkait dengan tindaklanjut dugan Kasus Pungutan Liar yang sementara ditangani oleh pihak kepolisian itu telah mengumpulkan dua alat bukti, diantaranya uang pendaftaran yang diberikan oleh peserta kepada panitia senilai kurang lebih Rp. 26 Juta dan surat edaran yang ditandatangani oleh Sekertaris Daerah Kota Tikep Thamrin Fabanyo, dengan Nomor : 878/1280/01/2017 tentang instruksi kepada instansi untuk mengikuti kegiatan yang dimaksud. Dengan memuat biaya pendaftaran untuk olahraga sepak bola Rp. 500 Ribu, Bola Volly Rp. 300 Ribu, dan Pertandingan di bidang kesenian dalam hal ini Goyang Tobelo Rp. 100 Ribu. 
Bahkan di dalam surat tersebut, juga memuat penegasan apabila ada instansi yang tidak berpartisipasi maka akan dikenakan denda senilai Rp. 2,5 Juta.

Sementara untuk saksi-saksi yang telah dilakukan pemeriksaan atas dugaan kasus tersebut untuk saat ini sudah sebanyak 10 orang saksi diantaranya Thamrin Fabanyo (Sekot Tikep), Sura Husain (Kepala BKPSDM), Ali Dukomalamo (Kepala Dispora), Yakub Husain (Kadis Pariwisata), M. Ade Soleman (Kadis PU), Amin Hasan (Kabid Olahraga Pada Dispora), A. Rasyid Fabanyo (Kepala Bapenda) dan Abas Panitia yang menerima uang pendaftaran, ditambah dengan salah satu staf pada Dispora Tikep dan satunya lagi di Dinas Pariwisata Kota Tikep.

Red
Share:
Komentar

Terbaru