Kerja Sama DPMPD dan PT. Catur Kanaka Parama Lahirkan Website Desa

Editor: Redaksi
Suasana sosialisasi | Foto Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Sosialisasi pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia dan potensi desa melalui website desa  dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) di Aula Bidadari Lantai I Kantor Bupati, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Jumat, 15 Desember 2017 tadi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kadis DPMPD Asnat Sowo, Pendamping Kabupaten, Dana Desa Bapak Rio, Raomon Tedi (selaku marketing di PT Kanaka Parama), Suratman budi (selaku IT), Rio Loty (sebagai pendamping Kabupaten Halbar), para camat se-kabupaten Halbar, para kades dan bendahara se-kabupaten Halbar kurang lebih 200 orang. 

Kadis DPMPD Asnat Sowo dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya sosialisasi  DPMPD bersama PT. Catur Kanaka Parama dan Kemendes bekerja sama untuk membuat website Desa.

"Saat ini desa sudah bisa mendaftarkan untuk mendapatkan domain desa.id yang nantinya akan menjadi identitas Pemerintahan Desa serta menjadi media informasi baik untuk warga desa sendiri dan juga untuk dunia internasional." Kata Asnat.

Lanjut Asnat, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengatakan, secara teknis dapat di daftarkan oleh Sekertaris Desa yang ditembuskan ke Sekda sebagaimana diatur dalam Permenkominfo 5/2015 tentang Registrasi Domain Instansi Penyelenggara Negara.

Dia juga menambahkan, Menkominfo juga mengirim surat edaran kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia terkait dengan Permenkominfo 5/2015 yang mengatur domain go.id dan .id untuk Pemerintah Pusat dan Daerah, serta domain desa.id untuk desa.

Terpisah panyampaian materi yang disampaikan oleh, Raomon Tedi dari perusahan PT. Catur Kanaka Parama tentang Sosialisasi website desa dimana dengan adanya program ini para Kades dapat memperlihatkan kinerja melalui media online sehingga kemendes bisa memantau langsung kinerja/prestasi Kades.

Tujuan dari Website, kata Raomon, untuk mempublikasi keberadaan desa ke seluruh indonesia bahkan dunia, menginformasikan profil dan seluruh potensi desa, mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai desa sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, memberikan dan mendapatkan informasi dengan cepat tanpa hambatan dalam rangkaian percepatan pembangunan desa, dan masih banyak lagi tujuan dari website tersebut. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru