40 Persen DD Masih Parkir di Rekening Pemda Halbar

Editor: Redaksi
Rustam Fabanyo | Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - 40 persen Dana Desa (DD) yang masih parkir di rekening Pemda Halmahera Barat (Halbar) membuat berang Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APDESI) Halbar. 

"Yang menjadi pertanyaan APDESI sekarang adalah, mengapa sampai saat ini belum ada pergeseran ke rekening desa masing-masing?" Tanya Ketua APDESI Halbar, Rustam Fabanyo, Selasa 12 Desember 2017.

Dikatakan Rustam, jika Pemda beralasan belum ada laporan penggunaan dana sebelum, itu tidak rasonal.

"Kalau sudah ada dalam rekening desa, disitu barulah berbicara mengenai persyaratan sesuai ketetapan Perbup," aku Rustan kemarin, di kantin kantor bupati.

Dengan begitu, pria yang juga Kades Gamlamo itu menegaskan, Pemda  Halbar jangan menyulitkan para kades dengan asumsi aturan dan sebagainya. 

Terpisah, Kepala DPMPD Halbar, Asmat Sowo ketika ditemui sejumlah wartawan mengaku, keterlambatan pencarian DD 40 persen dengan nilai sebesar Rp. 45 miliar  untuk 176 desa d Halbar, tersebut karena laporan penggunaan DD sebelumnya. 

"Tapi anggaran itu sudah ada, dalam sehari dua kami akan alihkan ke rekening masing-masing desa paling lambat 7 hari sesuai ketentuan," ucapnya.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru