Event Perdana J-TAC Halbar, Satu Peserta Asal Ternate Dilarikan ke RSUD Jailolo

Editor: Redaksi
Suasana start pada event J-TAC | Foto Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Event perdana Jailolo Trail Ad-ventuter Community (J-TAC) Halmahera Barat (Halbar) di buka secara resmi oleh Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan, S. I. K, MH di Lapangan Festival Teluk Jaiololo (FTJ) Desa Gufasa, Halbar, Sabtu (18/112017).

Kegiatan ini sabagai ajang promosi Jalur Track sekaligus kampanye destinasi wisata di daerah yang dipimpin Danny Missy ini. 

Dalam sambutannya,  Kapolres Halbar mengatakan, ini adalah event perdana yang digelar di Halbar dan merupakan wadah silaturahmi semua komunitas Trail Maluku Utara. 

"Pada bulan depan, yakni desember akan digelar kegiatan yang sama. Dan tujuan utamanya adalah promosi wisata Halbar," ucap kapolres yang mewakili Wakil Bupati Halbar AZM. 

Dihadapan para peserta, tidak ada penilaian khusus, semua peserta memiliki hak yang sama untuk meraih hadiah yang telah disiapkan. 

"Pemenang akan diundi sesuai nomor peserta yang dimiliki oleh peserta. Dengan itu diharapkan agar semua peserta tidak ada yang kebut -kebutan dan harus utamakan keselamatan," tamba Kapolres. 

Hadiah utama adalah satu unit sepeda motor Honda Beat 110 CC. 

Rute yang di lalui peserta dimulai dari lapangan FTJ Jalur Trek Guaemadu, jalur trek Gufasa, jalur trek jalan baru, jalur trek Hoku Hoku Kie, selanjutnya istirahat di Makopolres Halbar, dan lanjut jalur trek desa Hoku-hoku kie, jalur trek Hatebicara, jalur trek desa Porniti dan kembali finis di lap FTJ.

Adapun peserta yang ikut one day Banau BHAYANGKARA Jailolo Taril Adventure Community (J-TAC) terdiri dari 90 peserta Diantaranya Manado provinsi Sulawesi Utara 1 orang, Ternate 53 orang. Kabupaten Halsel 5 orang, Kabupate Halbar 15 orang, Malifut 8 orang, dan Morotai 8 orang.

Kegiatan itu dihadiri Karo SDM Polda Malut Kombes Pol. Ihsan Amin S.I.K M.H, Kasupditbingakum Dit Lantas Polda Malut AKBP Zaharly Fiet SH. S.I.K, KA KOR SPRI PIM KOMPOL Arif Kurniatan S.I.K MH, Kasat reskrim AKP Sait Aslam Sik, Pasi Intel Tidore KAPTEN Inf Mujiono,Kapolsek Jailolo Selatan IPTU Wahyu Aji Wibowo Sik, Kapokse Loloda IPDAB Joni Aryono S.Trk, dan KBO Lakalantas IPDA Yogie Bintaro S.Trk

Kapolres Halbar didampingi Wakil Bupati Halbar, melepas peserta ditandai mengangkat bendera star di tempat star. Berkisar Pukul 11.00 wit, seluruh peserta tiba di Makopolres Halbar dan istirahat sejenak. Kegiatan trail itu dimulai pada pukul 11. 45 wit, seluruh peserta melanjutkan giat dengan jalur Mapolres Halbar ke jalur trek Porniti.

Namun Pada pukul 12.30 wit, terjadi Laka tunggal dari tim Kota Ternate di jalur trek bukit Desa Porniti Jailolo.

Adalah Romadon Jun Ar Mando, pembalap ini terjatuh saat menuruni bukit dengan kondisi jalan yang sangat licin, korban tidak bisa mengendalikan motornya dan korban terjatuh.

Insiden itu berkisar pukul 13.00 wit, korban langsung dilarikan ke RSUD Jailolo guna mendapat pertolongan medis. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka robek di jari manis tangan kiri dan dijahit sebanyak 2 jahitan. 

Walau ada insiden, J-TAC tetap berlanjut hingga pukul 15.00 wit, terlihat seluruh peserta tiba di garis finis dalam keadaan selamat.  

Pukul 16.00 wit, perserta dari Kota Ternate kembali menjajal jalur trek yang sama dibawah pimpinan Karo SDM Polda Malut sampai pada pukul 16.30 wit, giat J-TAC berjalan lancar, aman dan tertib. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru