Bupati : Haltim Akan Jadi Ikon Pala di Malut

Editor: Redaksi
Bupati saat menanam pohon pala | Foto Donis Katengar

MABA, MALUT.CO - Berbeda dengan kota-kota lain di Maluku Utara, bahkan Indonesia. Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) saat penghijauan taman kotanya memakai pohon pala. Hal tersebut nampak saat Minggu, 12 November 2017, Bupati Rudi Erawan melakukan kegiatan penanaman. 

Rudi Erawan mengaku penanaman pohon bertujuan menjadikan daerahnya sebagai ikon Penghasil Pala di Provinsi Maluku Utara. 

"Pala ini banyak gunanya, bukan hanya untuk penghijauan  tapi tanaman ini juga menghasilkan buah andalan kita terutama Maluku Utara, termasuk Haltim juga ada palanya. Kalau kedepan masuk Haltim identik juga dengan pala, karena taman kita di isi dengan pohon pala. insyaalah 3-4 Tahun kedepan sudah menghasilkan buah," jelas Rudi kepada sejumlah wartawan.

Menurut Bupati dua periode ini, buah pala selain dapat dikonsumsi, juga sebagai komoditi pertanian. Karena Halmahera Timur bukan hanya penghasil padi unggulan di Malut, tapi penghasil pala di Malut seperti terdapat di Maba Pura dan Bicoli.

"Haltim ke depan penghasil bibit pala terbesar. tahun lalu dan tahun ini Pemkab Haltim menganggarkan pengadaan bibit pala untuk kelompok petani yang ada di maba dan pesisir wasile," ungkap Rudi.

Selain penghijauan, pala juga sebagai hasil untuk kesejatraan ekonomi masyarakat, pala dijadikan sumber pendapatan masyrakat Haltim. "Selain penghasil pala dan kopra, juga sebagai penghasil cengkeh," imbuh Rudi, sembari menyebutkan Kecamatan Wasile Utara sebagai penghasil Kopra dan Wasile Selatan cengkeh. 

Don
Share:
Komentar

Terbaru