Bantuan ASLUT Disalurkan Langsung oleh Bupati

Editor: Redaksi
Penyerahan ASLUT secara simbolis oleh Bupati Halbar | Foto Ruslan Hasby

JAILOLO,MALUT.CO – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy menyerahkan bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) sebanyak 105 Orang dan Disibilitas 16 Orang. Penyerahan tersebut dipusatkan di Lapangan Bola Kaki Desa Tibobo Kecamatan Sahu Timur. Setelah acara senam pagi bersama masyarakat Sahu timur, Jumat, 24 November 2017 pagi tadi.

Program ASLUT merupakan program yang ditetapkan oleh Menteri Sosial yang bertujuan untuk memberikan jaminan sosial guna membantu mereka yang telah lanjut usia telantar dalam bentuk pemberian uang tunai melalui pendampingan sosial guna memenuhi sebagian kebutuhan dasar hidupnya, sementara Orang berkebutuhan khusus (disabilitas) merupakan orang yang hidup dengan karakteristik khusus dan memiliki perbedaan dengan orang lain pada umumnya. 

Karena karakteristik yang berbeda inilah memerlukan pelayanan khusus agar mereka mendapatkan hak-haknya sebagai manusia yang hidup di muka bumi, mencakup baik cacat fisik atau pun kemampuan IQ (Intelegent Quotient) rendah, serta orang dengan permasalahan sangat komplex.

Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Disibilitas di kabupaten Halbar masih cukup banyak, namun untuk saat ini baru 105 orang ASLUT dan 16 orang Disibilitas yang menerima bantuan ini. 

Bupati Danny berharap kepada petugas yang melakukan pendataan di lapangan agar dapat secepatnya memasukan dokumen atau data ASLUT dan Disibilitas ke Dinas Sosial untuk ditindaklanuti ke Kementerian Sosial RI.

Untuk itu kata Danny, kepada masyarakat yang telah menerima bantuan berupa uang tunai yang bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI sebesar Rp.800.000,-/orang untuk ASLUT, sedang Rp. 1.200.000,-/orang untuk Disibilitas. 

Dana ini agar dapat pergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan.
Saya juga akan berupaya agar ada penambahan peserta penerima bantuan ini pada tahun berikut, dengan tetap merujuk pada data yang telah dimasukan oleh Dinsos Halbar.

Sementara kepala Dinsos yang didampingi Ketua TKSK (Tenaga kerja Sosial Kabupaten) Halbar, Hermanus, dari 105 ASLUT dan 16 Disibilitas penerima bantuan pada tahun ini sudah tersebar dibeberapa kecamatan, yakni untuk ASLUT misalnya, tersebar mulai Kec. Sahu Timur 34 Orang, Ibu Selatan 34 Orang hingga Jailolo Selatan 37 orang. Begitu juga untuk penyandang Disibilitas, tersebar dari Kec. Sahu Timur 1 orang, Sahu 7 orang, Jailolo 4 Orang, Ibu Selatan 2 Orang, Jailolo Selatan 1, dan Tabaru 1 Orang. Hermanus, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang punya perhatian serius pada program jaminan sosial. 

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Staf Ahli, Pimpinan SKPD, Camat Sahu dan Sahu Timur, serta warga masyarakat Hamente. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru