Pekan Kreativitas Arsitektur dapat Apresiasi Pemerintah Halbar

Editor: Redaksi
Foto bersama seusai acara pembukaan | Malut.Co/Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Arsitektur Unkhair Ternate melaksanakan kegiatan Pekan Kreativitas Arsitektur di kabupaten Halmahera Barat (Halbar), di lapangan festival teluk Jailolo itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Halbar. 

Ketua panitia pelaksana M. Ferian Bahari, dalam laporannya mengatakan bahwa arsitektur merupakan suatu disiplin keilmuan yang secara universal menyangkut berbagai macam keilmuan didalamnya baik sosial, politik dan kebudayaan. 

"Dengan perkembangan zaman saat ini, arsitektur memiliki peran penting dalam suatu perkembangan pembangunan baik di daerah maupun nasional," ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, lanjut dia, bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu demi merealisasikan Tridharma Perguruan Tinggi yang merupakan hal sangat urgen dalam setiap organisasi kemahasiswaan. 

Dari ilustrasi singkat diatas, kami dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unkhair merencanakan suatu kegiatan yang orientasinya untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya arsitektur dan juga mengembangkan pesatnya cagar budaya dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di Kota Jailolo Halbar.

Sementara itu tema kegiatannya, dari buah tangan arsitektur untuk inovasi segitiga emas ini bertujuan memperkenalkan arsitektur kepada masyarakat luas, mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi, mengembangkan minat dan bakat generasi muda Jailolo kabupaten Halbar, dan mempersiapkan Halbar dalam menghadapi kawasan segitiga emas.

"Rangkaian kegiatannya, seperti; Dialog publik, literasi arsitektur, pameran arsitektur, pentas seni, dan budaya, klinik arsitektur, bakti sosial, pelatihan desain grafis, lomba fotografi dan sketsa" sebutnya.

Di acara tersebut juga, ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur, Mudatsir Saragi, mengucapkan terima kasih kepada pemerinta daerah dalam merespon baik pelaksanaan kegiatan ini 

Karena tujuan kegiatan Pekan Kreativitas Arsitektur ini, adalah bentuk implementasi pengabdian kami terhadap masyarakat. Maka dari itu kami bersikeras untuk membuat kegiatan ini, Pekan Kreativitas merupakan suatu konsep, karya dan lain sebagainya untuk prospek pembangunan di tanah para raja-raja ini.

Pemerintah kabupeten Halbar yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, H. Ismail Arifin dalam sambutan pembukaannya, mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakannya Pekan Kreativitas Arsitektur yang digagas ini dapat memotivasi mahasiswa khususnya program studi arsitektur yang telah membuat suatu inovasi yang kreatif guna pengabdian di masyarakat, sehingga ilmu yang dipelajari dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Muda dari aspek usia tidak berarti muda dari aspek keilmuan dan pengalaman,  barangkali kalimat ini yang tepat untuk mengambarkan idealisme jiwa muda adik-adik mahasiswa kita." Tutup Staf Ahli.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru