KNPI Tikep Nilai Investasi PT. Tidore Sejahtera Tidak Jelas

Editor: Redaksi
Abdullah Jumati | Foto Istimewa
TIDORE,MALUT.CO - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menilai Langkah Pemkot Tikep yang menggandeng PT. Tidore Sejahtera terkait investasi di bidang perkebunan yang berlokasi di Kelurahan Akelamo Kecamatan Oba Tengah tak jelas arahnya. 

Sekertaris KNPI, Abdullah Jumati menjelaskan bahwa pembicaraan soal kesepakatan antara PT. Tidore Sejahtera bersama Pemerintah Kota Tikep terkait Memorandum of Understanding (MoU) nya hampir tak terbaca oleh publik.

"Rekam jejak perusahaan, berapa nilai investasi dan aset perusahaan, kompensasi perusahaan terhadap masyarakat sekitar serta presentase keterlibatan masyarakat sebagai tenaga kerja lokal pun tidak jelas," Ungkapnya saat ditemui malut.co di Djong Coffee pada Senin, 25 September 2017.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan penting bagi Pemkot untuk mengetahui hal di atas karena investasi tak semua membawa keuntungan ada konsekuensi ruginya yang mesti sudah di taksir sejak awal. 

"Satu contoh nyata hingga sejauh ini tanaman warga yang di ratakan dengan tanah belum ada ganti rugi, ini menjadi signal bahwa komitmen dan itikad baik PT. Tidore Sejahtera patut di pertanyakan!" Cetusnya.

Selain itu, tambahnya, semua proses terkait investasi ini berjalan sangat tertutup dan hampir tak diketahui publik. Jika Pemkot Tikep ingin mencari sumber pembiayaan lain utk menutup kekurangan kita dengan cara menggaet Investor, maka harus ada keterlibatan semua pemangku kepentingan, misalnya DPRD atau tim yang berkompeten untuk mengkaji lebih dalam untung ruginya terhadap daerah ini, terutama soal hak masyarakat dan masa depan kehidupan mereka yang selama ini bergantung hidup pada areal yang di jadikan sasaran program tersebut tersebut. 

Abdullah melanjutkan, Persoalaan lain dari investasi ini, tidak terbaca pada dokumen perencanaan Kota Tikep, khususnya pengembangan pertanian, karena di Visi Pemkot Tikep poin ke-2 tertulis Pengembangan Kelautan dan Perikanan serta Pertanian berbasis potensi unggulan wilayah.

"Oleh karena berbagai alasan problem di atas KNPI meragukan prospek investasi ini bakal menguntungkan daerah, kami menyarankan kepada Pemkot Tikep untuk tidak diperpanjang lagi kerjama investasi dengan PT. Tidore Sejahtera." Tutupnya.

Red
Share:
Komentar

Terbaru