Hingga Kini, Tercatat 1003 Kali Guncangan Gempa di Jailolo

Editor: Redaksi
Pusat gempa di Jailolo | Foto Istimewa

JAILOLO,MALUT.CO - Gempa bumi Yang menimpah kecamatan Jailolo kabupaten Halmahera Barat (Halbar) hingga hari ini, Jumat 29 September 2017 tercatat 1003 kali guncangan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar mencatat dari sejumlah gempa bumi tidak berdampak tsunami.

"Aktivitas gempa bumi yang terus berlansung sejak 27 September 2017 pukul 22:09:02 Wit hingga pemutakhiran ini dibuat pada 29 September 2017 sekitar pukul 02:15 Wit telah tercatat sebanyak 1003 kali kejadian gempa berkedalaman dangkal dalam berbagai variasi magnitudo, dan  41 diantaranya merupakan gempa terasa," ungkap Sekertaris BPBD, Yakup Haji.

Lanjut Yakup, beberapa gempabumi signifikan, guncangannya dirasakan hingga  mencapai skala V MMI, yang terkuat  yaitu gempa M 4.9 SR berkedalaman dangkal terjadi pada pukul 02:00:58 WIT dengan pusat gempa di 0.96 LU,127.55 BT, atau tepatnya pada jarak 15 km arah Tenggara Jailolo.

Dia menambakan, Jika kita mengamati perkembangan aktivitas seismik yang sedang berlangsung di Kecamatan Jailolo Halmahera Barat, maka aktivitas ini memiliki kemiripan dengan gempa bumi swarm yang terjadi di Jailolo di akhir tahun 2015. Gempa bumi Swarm dicirikan dengan serangkaian aktivitas gempa bumi bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang lama di suatu kawasan yang sangat lokal, tanpa adanya gempabumi kuat sebagai gempabumi utama.

"Terkait dengan kejadian gempabumi di Jailolo Halmahera Barat ini, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu -isu dari sumber yang tidak bertanggung jawab. Aktivitas Swarm tidak akan diikuti oleh gempabumi dengan kekuatan besar, sehingga tidak akan memicu terjadinya tsunami." Ujarnya.

Yakup juga mengatakan, Gempa Bumi yang melanda Kabupaten Halbar khususnya di Kecamatan Jailolo sangat dirasakan imbasnya oleh masyarakat dan seluruh instansi pemerintahan namun gempa bumi Swarm tidak berpotensi terjadi tsunami." Jadi diharapkan masyarakat dan unsur pemerintahan tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa dan jangan terpengaruh dengan isu apapun terkait gempabumi di Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ini." Ungkapnya menutup.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru