Besok, Inspektorat Periksa Desa di Kecamatan Tobelo Utara

Editor: Redaksi
Suasana rapat antara Inspektorat Dan Pemerintah Kecamatan  serta Kades se Kecamatan Tobelo Utara | Malut.Co/Mufrid

TOBELO,MALUT.CO-Inspektorat Halmahera Utara (Halut), bakal memeriksa progres pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di 196 desa yang ada. Penggeledahan ini dimulai dari Kecamatan Tobelo Utara, yang meliputi Desa Wari, Kokota Jaya, Gorua Selatan, Gorua, Gorua Utara, Popilo, Ruko, Luari dan Tolonuo. 

Dalam pertemuan di Kantor Kecamatan Tobelo Utara Desa Gorua. Kepala Inspektorat, Ikram Baba menegaskan, pihaknya akan turun memeriksa ADD dan DD. Pemeriksaan ini akan dimulai besok.

“Jadi pertemuan dengan pemerintah Kecamatan dan seluruh Kades ini merupakan koordinasi awal untuk pemeriksaan besok,” ungkap Ikram. Saat ditemui di Kantor Camat, Senin 21 Agustus 2017.

Suasana rapat antara Inspektorat Dan Pemerintah Kecamatan  serta Kades se Kecamatan Tobelo Utara | Malut.Co/Mufrid

Menurut dia, pemeriksaan nanti akan dipusatkan pada pembangunan fisik sebagaimana sesuai dengan laporan masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), terkait dugaan indikasi penyalagunaan ADD dan DD.

“Jadi pemeriksan ini juga bagian dari menindaklanjuti laporan yang masuk ke kami,” kata Ikram.

Untuk pemeriksaan besok di kantor Kecamatan Tobelo Utara, diawali di tiga desa yakni, Desa Gorua Selatan, Gorua dan Desa Gorua Utara.

“Untuk Tobelo Utara terdapat 10 Desa, Makanya pemeriksaannya dibagi sehari tiga desa,” tutupnya. 

Secara terpisah, Camat Tobelo Utara Taufik Biskali mengapresiasi tindakan Inspektorat. Kebijakan Inspektorat untuk memastikan resapan ADD dan DD  betul untuk kepentingan masyarakat atau tidak.

“Jadi kami juga belum tahu pasti apakah pemeriksaannya ditujukan ke pembangunan fisik atau administrasi,” cetus Taufik. 

Laporan yang masuk di Kantor Kecamatan sendiri, kata Biskali, ada beberapa Desa, salah satunya Desa Kokota Jaya yang terindikasi menyalagunakan ADD dan DD. 

“Saya selaku camat meminta agar setiap Kades bisa menggunakan ADD dan DD sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” harap Taufik.

Zet
Share:
Komentar

Terbaru