Empat Hektar Lahan Tidur Digarap Produktif

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_3815" align="alignnone" width="600"] Dandim Kodim 1508 Halut Letkol Arh Herwin Budi Saputra memantau Lahan Produksi | Istimewa[/caption]

TOBELO,MALUT.CO-Empat hektar lahan tidur digarap menjadi lahan produktif oleh Komando Distrik Militer 1508 Wilayah Halmahera Utara, untuk memberdayakan masyarakat. Lahan tersebut ditanami Jagung Manis, Cabe Keriting, Kacang Panjang, Pare, dan Sayur Kenikir.


Kepada Malut.co Dandim Kodim 1508 Halut Letkol Arh Herwin Budi Saputra mengatakan, lahan yang jaraknya tak jauh dari markas Kodim yang letaknya di Desa MKCM Kecamatan Tobelo Tengah itu, dinilai sangat bermanfaat jika dikelola dengan baik. Pihaknya bergerak cepat dengan  memanggil sejumlah perwira dan Babinsa agar secepatnya menggalang pemilik lahan serta sejumlah warga agar mengelolah lahan tersebut.


“Jujur saya sangat prihatin melihat lahan itu dibiarkan begitu saja,” jelasnya.


Niat baik itu ternyata disambut baik oleh pemilik lahan dan sejumlah warga. Oleh karena itu, lahan tersebut langsung dikelola secara bersama sama. Satu tahun berjalan usaha Dandim bersama warga sudah mulai terlihat hasilnya.


Dalam seminggu hasilnya bisa mencapai 2,6 juta. Atas keberhasilan tersebut pemilik lahan berencana akan memperluas lahannya.


“Saya bersyukur upaya kami ini bisa memperbaiki taraf ekonomi keluarga,” pinta Herwin.


Tentu upaya yang diambilnya ini merupakan program emas hijau. Yang digagas langsung oleh Pangdam XVI Pattimura yang mana mendorong perekonomian Masyrakat lewat pemberdayaan sumber daya hayati serta mengelola lahan tidur menjadi lahan produktif.


Zet/Aan

Share:
Komentar

Terbaru