13 Kios di Pasar Jailolo Dilalap Si Jago Merah

Editor: Taufik
[caption id="attachment_3699" align="alignnone" width="600"] Suasana Kebakadan di Pasar Jailolo Desa Gufasa Kabupaten Halmahera Barat| Istimewa[/caption]

JAILOLO-MALUT,CO-Pasar Jailolo di desa Gufasa Kabupaten Halmahera Barat dilalap si jago merah. Insiden kebakaran diduga akibat arus pendek listik itu terjadi, Selasa 11 Juli 2017 sekitar pukul 03.00, dini hari telah menghanguskan 13 kios/tempat tinggal milik warga.


Sebanyak 13 kios berbahan kayu milik pedagang ludes dilalap si jago merah. Adapun kerugian yang ditaksir berkisar Rp 1 Miliar.


Berdasarkan keterangan salah satu korban kebakaran, Eda (40), sekitar kurang lebih 20 menit saat dirinya terbangun dari tidur, ia mendengar adanya teriakan kebakaran dari warga setempat. Dirinya melihat kondisi lampu listrik menyala berkedip dan tak lama kemudian tiba - tiba api muncul di sekitar bangunan gudang tempat penampungan sembako miliknya.


Eda kemudian berusaha keluar menyelamatkan diri, sementara api semakin membesar dan merembet ke kios yg lain.


"Berkisar pukul 03.00 saya terkejut dan langsung bangun karna adanya listrik yang padam secara tiba - tiba. Namun saat melakukan pengecekan meteran listrik, tidak ada gangguan sehingga ia kembali tidur. namun berselang 20 menit ada teriakan kebakaran. "ucapnya


Eda, mengatakan pada pukul 04.35 WIT, salah satu warga setempat yang berada di lokasi kebakaran menghubungi pihak pemadam kebakaran dan melaporkan adanya kebakaran di pasar Gufasa sehingga pada pukul 05.10 WIT, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan dua unit mobil PDAM Halbar tiba di lokasi kebakaran dan memadamkan api. Namun, api tak bisa dikendalikan dan membesar hingga menyebar ke seluruh kios yang ada di sekitar.


Atas upaya Damkar Halbar dan dibantu dua unit Mobil PDAM Halbar hingga pkl 06.00 wit, api berhasil dipadamkan namun telah melalap sejumlah kios milik warga.


Dugaan sementara berdasarkan keterangan masyarakat penyebab hingga terjadinya kebakaran, asal mula api bersumber dari arus pendek listrik dari kios Eda, laku merembet ke kios yang lain. Akibat kejadian tersebut menimbulkan kerugian materil :
13 kios/tempat tinggal milik dan satu unit motor terbakar.


Kepolisian Polres Halbar telah mengamankan lokasi kebakaran dengan memasang _police line_ guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut.


Adapun nama-nama data pemilik kios berdasarkan ketetrangan sumber Sdr. Eda sbb :
- Sdr. Eda (jual sembako)
- Sdr. Ales / (jual pskaian)
- Sdri. Hja. Sengeng / tempat tinggal
- Sdri. Ani ( jual sembako)
- Sdr. Abdul Panan H. Kadir (tempat tinggal)
- Sdr. Amran Hi. Amin, (penjual telur)
- Sdr. Ali Hi. Taha (jual kismetik)
- Sdr. Udin Cena (jual alat dapur)
- Sdr. Adri (penjahit)
- Sdr. Haji Anto/tempat tinggal
- Sdri. Nuri (penjual bakso)
- Sdr. Naim (tdk berpenghuni
- Sdr. Jiji (tdk berpenghuni)


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru