Waduh : Sampah Ramaikan Pasar Sarimalaha

Editor: Taufik
[caption id="attachment_2903" align="alignnone" width="600"] Tempat Sampah di Terminal Pasar Sarimalaha | Lhy-Malut.Co[/caption]

TIDORE,MALUT.CO-Permasalahan sampah masih menjadi momok serius bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan. Sampah di sekitaran pasar Sarimalaha Soasio terlihat berhamburan disekitaran terminal pasar. Kesadaran warga menjadi salah satu faktor menumpuknya sampah tersebut.


Dalam amatan malut.co Sampah rata-rata dibungkus menggunakan  kantong plastik, serta bertebaran di sepanjang jalan karena terbawa angin, kondisi sampah juga tampak acak-acakan oleh hewan peliharaan yang tidak di kandangi, bebas liar. Sampah yang berserakan di terminal sepertinya belum ada upaya pembersihan dari UPTD pasar sehingga lokasi pasar terlihat kumuh. Sampah rumah tangga yang diperkirakan telah dibiarkan berhari-hari itu sudah mulai mengeluarkan bau yang menyengat. Jika terus dibiarkan maka akan menjadi sumber penyakit bagi warga sekitar.


”Bak sampah yang disediakan pemerintah di dekat terminal pasar sudah ada, hanya saja warga yang buang sembarangan, dan juga lambatnya kerja pihak UPTD pasar karena ini termasuk dalam wilayahnya,” kata Rudi, warga Tidore yang saat itu berada di lokasi tersebut, Selasa, 13 Juni 2017.


Meski begitu, Rudi menilai petugas pengangkut sampah seharusnya lebih sigap membersihkan sebelum warga beraktifitas "Seharusnya, sebelum matahari terbit itu sampah-sampah sudah diangkut biar tidak mengotori lingkungan," ucapnya Rudi.


Lhy/Aan

Share:
Komentar

Terbaru