FTJ Ke-9 Akan Tampilkan Tradisi Holi Dari India

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_1371" align="alignnone" width="491"] Ilustrasi perayaan Lathmar Holi atau melempar warna di India | Foto Istimewah[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO- Event Festival Teluk Jailolo (FTJ),  rencananya akan menampilkan salah satu budaya orang India. Budaya lari-lari kecil dengan sambil melempar warnah ke masing-masing peserta itu, rencannya digelar di lapangan FTJ, Jumat, 12 Mei 2017.


Di India, kegiatan melempar warna itu dilaksanakan pada Perayaan Lathmar Holi atau biasa disebut dengan festival warna, biasa dilakukan oleh umat Hindu di India tepat pada bulan purnama terakhir.


Lathmar Holi dirayakan dengan melemparkan bubuk berwarna-warni pada teman, keluarga, bahkan orang lain sekalipun, Festival ini memang ditunggu-tunggu oleh umat Hindu untuk menyambut datangnya musim semi.


Kegiatan yang digagas oleh Community Sosial Traveling Off Molukas (CSTN) itu, bekerja sama dengan Dinas Prawisata Kabupaten Halbar untuk meramaikan Even FTJ.


Ketua panitia Norhalis Borut, bersama pengurus CSTN, saat menjual tiket pendaftaran peserta Color Fun Run di kantor Bupati, Rabu 7 Mei 2017, mengaku, gagasan yang dibuat atas ide CSTN itu, telah diterima oleh panitia FTJ. Untuk itu, Pihaknya ingin menjual kupon agar menarik banyak peserta dalam meramaikan event tersebut.


Menurut Mereka, kegiatan dengan tema the Jailolo Color Run itu, dijual tiket dengan harga Rp 100 ribu. Selain hadiah, panitia juga menyediakan kaos berwarna putih yang bakal diberikan kepada peserta.


Mereka menilai konsep kegiatan itu, tidak merusak semangat promosi budaya lokal. Karena, Selan Fun Run And Color Party, yang ditampilkan sebagai hiburan FTJ, pihaknya juga menampilkan beragam kegiatan lokal yang mendukung terlaksananya event FTJ yang di helat Bupati Danny Missy.


Mereka berharap, agar, tiket bisa terjual habis dan peserta seramai sebagaimana panitia harapkan. Karena, lari-lari kecil itu bakal dilakukan dengan menggunakan jalur umum kawasan seputar kota Jailolo.


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru