DESA AKEDIRI KEMBALI TERGENANG AIR

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_1344" align="aligncenter" width="600"] Genangan air dirumah salah satu warga Desa Akediri | Foto Ruslan-MALUT.CO[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO- Selasa 9 Mei 2017, luapan air Kali Akediri kembali merendam rumah warga di Desa Akediri Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat. 


Dari amatan MALUT.CO, ketinggian air berkisar satu meter atau seperut orang dewasa ini, membuat warga harus keluar dari rumah karena takut adanya luapan susulan.


Meski tidak ada korban jiwa, banjir itu berdampak pada tergenangnya perabotan rumah tangga warga.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Halbar Chalik Ismail, Kepada MALUT.CO menyatakan bahwa puluhan rumah di kawasan tersebut, sering tergenang air dari luapan kali Akediri, jika hujan deras.


Untuk itu, Pemerintah sedang melakukan perbaikan di kawasan itu dengan mendahulukan jembatan agar kedepan kawasan tersebut aman dari luapan air.


Menurut Chalik, pihaknya telah mendata jumlah rumah warga yang tergenang air pada kawasan tersebut. Data rumah tergenang akan disampaikan lebih terperinci.


Sementara kepada MALUT.CO, warga setempat mengaku, kawasan tempat tinggal sering menjadi langganan banjir, jika terjadi hujan deras. Oleh karena itu, mereka meminta pemerintah segera mengatasi masalah banjir di kawasan tersebut. "Karena ini musim hujan, maka pemerintah harus cepat mengatasi, takutnya banjir susulan luapan air sungai yang lebih besar maka menimbulkan korban jiwa."ucap Etefanus


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru