-->

Angka Kematian Ibu Meningkat 92 persen, KNPI Desak KADINKES Dicopot

Editor: Taufik
[caption id="attachment_1798" align="aligncenter" width="600"] Presentase Angka Kematian Ibu di Maluku Utara | Malut.Co[/caption]

Ternate,Malut.Co- Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Utara Bidang Kesehatan, Muhammad Rustam Budhi mendesak kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) agar segera mencopot Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara. Pasalanya, kematian ibu meninggkat 92 persen pada tiga tahun terakhir.


Dari data yang disampaikan Bidang Kesehatan KNPI Malut, kematian ibu di Maluku Utara mulai meningkat drastis dalam 3 tahun terakhir, yakni 58 persen di 2014, sempat turun 57 persen di 2015. Namun, kembali naik di 92 persen pada 2016.


“Kami mendesak agar Gubernur secepatnya mengambil langkah mencopot Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi. Sebab, ini sudah masuk dalam status kejadian luar Biasa(KLB),” Kata Rustam Kepada sejumlah wartawan, Minggu 21 Mei 2017 di Cafe Upay,  Ternate.


Rustam mempertanyakan peran Kadis selama ini yang dianggap lalai. Kadis Kesehatan juga dinilai tak berupaya menyelesaikan masalah tersebut.


"Ini kelalaian besar Kadis Kesehatan Provinsi. Kami sangat menyesali karena banyak anggaran Dinkes untuk mengangani masalah kesehatan," Kata Rustam


Kebijakan Kadis kesehatan dinilai tidak tepat sasaran, terutama masalah KPA  dan pelanggaran prosedur yang telah diterapkan. Selain itu, ada upaya monopoli proyek di lingkup Dinkes." Ungkapnya.


Fahri/Aan


 

Share:
Komentar

Terbaru