75 Calon Paskibraka Tikep Lolos Seleksi Tahap Pertama

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_459" align="aligncenter" width="600"] 75 peserta calon paskibraka foto bersama para tim seleksi calon paskibraka di Stadion Marimoi, Tidore kepulauan, Sabtu, 18 Maret 2017. (malut.co/Matoz)[/caption]

TIDORE,MALUT.CO – Seleksi Calon Paskibraka Kota Tidore Kepulauan yang diikuti 176 peserta perwakilan dari 27 SMA Sederajat yang lolos seleksi tahap pertama hanya 75 siswa.


Sedangkan 93 siswa lainnya dinyatakan gugur pada tahap pertama pada materi seleksi pisikotes, kesehatan, dan parade PBB.


Ketua Tim Seleksi Calon paskibraka Iskandar Alting ketika ditemui malut.co menjelaskan, mekanisme seleksi diatur dalam Peraturan Menteri (PERMEN) Pemuda dan Olahraga Nomor 0065 tentang Paskibraka.


“Materi seleksi itu ada 8 tahapan, mulai dari Psikotes, Parade PBB, Kesehatan dan Kebugaran, Pengetahuan Umum, Samapta atau Jasmani, Kesenian, dan wawancara yang diatur dalam PERMEN Pemuda dan Olahragaa Nomor 0065,”ungkap Iskandar, Sabtu 18 Maret 2017 di Stadion Marimoi, Tidore Kepualuan.


Pantauan malut.co, sebelum mulai, sekira pukul 07.00 WIT, seluruh peserta ditensi tim medis oleh dr. Megawati Abubakar dan Safril Dukomalamo S.Kep. Ns. Kemudian dilanjutkan dengan ujian kesemaptaan A, dalam ujian tersebut, peserta melakukan olahraga Lari mengelilingi Stadion Marimoi dengan jarak 3000 meter serta kesemaptaan B berupa lari shuttle run, sit up dan push up.


Sebelumnya, tim telah menggugurkan 93 dari 167 peserta di 3 tahapan awal dan setelah selesai akan dipilih 38 peserta yang terdiri dari 18 peserta perempuan dan 20 peserta pria kemudian di 8 peserta dengan nilai teratas akan dikirim ke tingkat Provinsi untuk mengikuti seleksi pada tingkat Nasional.


[caption id="attachment_460" align="aligncenter" width="600"] Indra Herwinda, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Tidore Kepulauan[/caption]

Indra Herwinda, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Tidore Kepulauan yang juga anggota Timsel Calon Paskibraka menjelaskan, timsel kesulitan dalam penilaian disebabkan peserta yang dikirim dari 27 SMA sederajat mempunyai kecakapan dalam ujian materi seleksi.


"Seluruh peserta yang dikirim dari sekolah masing-masing mempunyai kecakapan dan melaksanakan ujian dengan baik sehingga kami kesulitan dalam menilai," tutur Indra kepada malut.co di Pandopo Arena Budaya Open Space, Sabtu 18 Maret 2017.


[caption id="attachment_458" align="aligncenter" width="600"] Delapan Peserta Calon paskibraka yang lolos ke tingkat Provinsi saat tampil di Pandopo, Arena Budaya Open Space, Tidore.[/caption]

Setelah tiga hari seleksi, akhirnya diumumkan 8 peserta yaitu Ilham Fahdil Q. Ahmad dari SMA Negeri 1 Tidore, Jamaludin M. Saleh dari SMA Negeri 10 Tidore, M. Hafiz Ismail dari SMA Negeri 1 Tidore, Yurasmi A. Batawi dari Pondok Pesantren Khairisy Khairat Ome, Eka Magirah S. Tuduho dari SMA Negeri 1 Tidore, Ririn Fahri dari M.A Mareku, Mahlin Sofyan SMA Negeri 2 Tikep, dan Fadhilah Hilyatu Zzahra dari SMA Negeri 1 Tikep menjadi utusan Kota Tidore untuk mengikuti seleksi Provinsi dan Nasional. (Ibas/ays)

Share:
Komentar

Terbaru