Pariwisata Ekologi Jadi Andalan

Editor: Indotema.com

Masa depan pariwisata di Indonesia yang mengusung konsep wisata ekologis (ecotourism) sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mendukung pengembangan kawasan pariwisata yang menawarkan konsep berbeda, yang bisa menarik wisatawan mancanegara ke Tanah Air, sekaligus menciptakan tenaga kerja di daerah setempat.

Salah satu pengembangan kawasan pariwisata yang mendapat dukungan Presiden Jokowi adalah pembangunan kawasan pariwisata Mandalika Resort yang berlokasi di kawasan Pantai Tanjung An, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Meski sempat terhenti beberapa tahun, sejak 2008 pengembangan kawasan Mandalika Resort dilanjutkan setelah diambil alih oleh BUMN, yakni Indonesia Tourism Development (ITDC), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero,

Di sela-sela kunjungan kerja di NTB, Jumat (10/4/2015), Presiden Jokowi didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Ketua DPD Muhammad Farouq, dan Gubernur NTB Zainul Majdi, serta pemerintah kabupaten setempat mengunjungi langsung lokasi pembangunan Mandalika Resort.

”Kenapa saya ke sini. Karena ini sudah sejak tahun 1987 dibebaskan, tetapi (pembangunannya) berhenti. Sudah beberapa pemerintahan juga tidak bisa jalan, tetapi ini dari ITDC sudah kita suntik Rp 250 miliar, tahun depan insya Allah (dikucurkan) Rp 1,8 triliun untuk pembangunan infrastruktur dasar,” ujar Presiden seraya berharap dengan dukungan dana dari pemerintah pusat pembangunan infrastruktur pendukung kawasan tersebut selesai.

Calon investor

Seiring dengan pembangunan infrastruktur dasar tersebut, Presiden Jokowi berharap calon-calon investor bisa ditarik untuk menanamkan investasi di Mandalika Resort tersebut.

Presiden optimistis dengan keindahan alam terutama pantai Mandalika yang memiliki legenda tersendiri, pengembangan kawasan wisata tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Tanah Air. (SON)

Share:
Komentar

Terbaru