Pemkot Tikep Akan Dapat Penghargaan Universal Health Coverage oleh Wakil Presiden Republik Indonesia

Editor: Redaksi

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim menerima Undangan Penyerahan Penghargaan RenUniversal Health Coverage Kepada Pemerintah Daerah yang rencanya akan diserahkan langsung Oleh Wakil Presiden Indonesia

Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim telah menerima undangan resmi dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai daerah yang penerima penghargaan Universal Health Coverage oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada 14 Maret mendatang.

Undangan tersebut diantar dan diserahkan oleh Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta, Kantor BPJS Cabang Ternate, Ikya Ulumudin bersama Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kota Tidore, Nurnisa Syamyu, saat melapor kepada Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim di ruang kerja Walikota Tidore, Kamis (9/3/2023).

Ali Ibrahim mengatakan, penghargaan ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada hampir seluruh penduduk Kota Tidore Kepulauan yang telah terdaftar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kota Tidore telah mencapai 97,88 persen penduduk yag terdaftar pada program JKN-KIS, sehingga mendapat penghargaan dari pemerintah, kedepan masyarakat Kota Tidore sudah bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis tanpa harus adanya BPJS, cukup memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).” Kata Ali

Walikota dua periode ini juga menyampaikan, bahwa penghargaan dalam program JKN-KIS dari Wakil Presiden ubntuk Kota Tidore Kepulauan tersebut merupakan hasil dari janji politik saat kampanye serta visi dan misi Pemerintah Daerah Kota Tidore. Selain itu sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara semua pihak dalam mendukung program prioritas serta strategis nasional karena sejatinya tugas pokok pemerintah daerah adalah mendukung penuh program prioritas nasional yang bermanfaat luas bagi seluruh masyarakat.

Orang nomor satu di Kota Tidore kepulauan ini menambahkan, selanjutnya pemerintah Daerah akan berupaya menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan dan SDM untuk melayani seluruh peserta JKN-KIS tanpa pilih kasih karena UHC telah diraih, selain itu juga pentingnya transformasi dan digitalisasi layanan kesehatan menjadi prioritas utama Pemerintah Daerah.

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta KC BPJS Ternate, Ikya Ulumudin mengatakan UHC sebagai pencapaian terbesar bagi Tidore Kepulauan. “Dengan UHC berarti telah membuka kran akses layanan kesehatan yang semakin luas untuk seluruh masyarakat Kota Tidore, sehingga kepada semua stakeholder harus sudah siap sedia dari segala aspek untuk mendukung pelaksanaan integrasi JKN UHC ini.” Kata Ikya

Ikya juga juga memastikan bahwa Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH, menjadi peserta dari daerah yang akan diundang dalam kegiatan UHC Award bersama Wakil Presiden Republik Indonesia pada Selasa 14 Maret 2023. Dalam acara tersebut Walikota akan menerima piagam penghargaan dan piala UHC karena pencapaian yang telah diraihnya.

Share:
Komentar

Terbaru