Sail Tidore Jadi Tema Kuliah Umum di Universitas Indonesia

Editor: Redaksi

Foto Bersama seusai memberikan kulia umu di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia mengadakan kuliah umum dengan tema “Sail Tidore” di Auditorium I Fakultas Ilmu Budaya UI Depok pada Kamis (2/11/2022). Hadir sebagai pembicara adalah Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH.

Antusiasme peserta terlihat dengan penuhnya ruangan karena peserta tidak saja dari civitas akademika FIB namun juga dari Fakultas lain di UI. Kuliah tamu dimoderatori Dr. Ade Solihat, S.S, M.A salah satu peneliti dan penulis sejarah budaya tenun Puta Dino.

Dekan FIB Dr. Bondan Kanumuyoso, S.S, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, kuliah tamu ini adalah rangkaian dies natalis UI ke-72. Bertepatan dengan Sail Tidore yang tentunya punya sejarah panjang, kami mengajak berdiskusi dengan pak Ali Ibrahim, karena selain mahasiswa kandidat doktor Ilmu Administrasi, beliau merupakan Walikota 2 periode yang dinilai sukses menciptakan akselerasi pembangunan namun tetap menjaga kekayaan dan kearifan budaya lokal.

Sebagai narasumber, Ali Ibrahim memaparkan latar belakang penyelenggaraan Sail Indonesia yang ke-12 di Tidore. Dengan mengangkat tema Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa, Tidore menjadi epicentrum dunia dibuktikan dengan perjalanan bangsa spanyol dan portugis mencari rempah dan membuktikan bumi itu bulat. Walikota dalam kesempatan ini juga menanggapi beberapa pertanyaan dari mahasiswa terkait kesiapan dan dampak Sail Tidore.

Menutup kuliah tamu, ali ibrahim juga menyampaikan bahwa Tidore saat ini sudah menjadi bagian dari perbincangan dunia, apa yang dibicarakan bukan tentang tidore saja, tapi tentang kita sebagai suatu bangsa yang besar.

"Mari kita sukseskan Sail Indonesia di Tidore 24-29 November 2022 dengan acara puncak tanggal 26 November 2022," Ajak Ali Ibrahim.

 

Share:
Komentar

Terbaru