Resmi di Helat, MTQ 2022 Diikuti 158 Peserta

Editor: Redaksi

Walikota saat membuka MTQ ke 29 | Foto Humas

Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim membuka dengan resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-29 Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022, yang akan berlangsung dari Tanggal 5 sampai 11 Februari 2022 di Pelataran Mesjid Miftahul Jannah Kelurahan Indonesiana Kecamatan Tidore, Sabtu (5/2/22).

Pembukaan MTQ ke-29 Tingkat Kota Tidore Kepulauan berjalan lancar dan khidmat, ditandai dengan ditabuhnya beduk oleh Capt H. Ali Ibrahim. Acara pembukaan ini diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur'an oleh qoriah Izzah Quratain yang meraih juara 1 tartil qur'an golongan baraim pada MTQ tingkat internasional virtual di Dubai Uni Emirat Arab Tahun 2021.

Upacara Pembukaan ini juga diawali dengan tampilnya defile kafilah dari delapan kecamatan yang ada di Kota Tidore dan didampingi langsung oleh Para Camat masing-masing, serta diiringi oleh drum band dari SMP Negeri 1 Soasio. Adapun jumlah peserta yang berpartisipasi pada MTQ ke-29 Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 ini sebanyak 158 orang dan didampingi Official/Pelatih sebanyak 64 orang.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Disamping itu kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat Tidore Kepulauan. "Kegiatan Musabaqah ini dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Qur’an yang sudah berlangsung di masing-masing Kecamatan se Kota Tidore Kepulauan," Tutur Ali Ibrahim

Tak lupa dalam sambutan tersebut, Ali Ibrahim juga mengharapkan semoga agenda Internasional Sail Tidore 2022 yang direncanakan pada tahun ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar. "Untuk itu, Saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat semoga Sail Tidore ini dapat menjadi sebuah kebanggaan dan prestasi baru untuk seluruh masyarakat Tidore," Harap Ali Ibrahim

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo yang juga selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dalam laporannya mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakanya MTQ ini adalah untuk menyiapkan peserta terbaik dari masing-masing cabang lomba yang nantinya akan berkompetisi pada MTQ Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2022 di Morotai.

"Adapun Cabang yang dilombakan pada MTQ Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 terdiri dari, Cabang Tilawatil Qur'an, Cabang Qira'at Al-Qur'an, Cabang Hafalan Al-Qur'an, Cabang Fahm Al-Qur'an, Cabang Syarh Al-Qur'an dan Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur'an," Tutur Ismail Dukomalamo

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Tidore, Ketua DWP, Anggota DPRD Tidore, serta Unsur Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Acara Pembukaan ini juga menampilkan Paduan Suara dari SMA 3 Tidore, Band Simple Akustik, Persembahan Tarian dari Sanggar Folakatu, serta Grup Qasidah.

 

Share:
Komentar

Terbaru