Sukseskan Sail Tidore 2022, Walikota Pimpin Tim Rakor dengan Kemendag RI

Editor: Redaksi author photo

Suasana Usai Rakor Walikota Tidore bersama Tim dengan Sekjen Kemendadg RI di Jakarta Kamis lalu | Foto Humas Tikep

Pemerintah Daerah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan bersama Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) terus bergandengtangan untuk melakukan persiapan penyelenggaraan Sail Tidore 2022 pada September nanti.

Setelah beberapa kali melakukan rapat koordinasi antar Pemprov Malut dan Pemkot Tidore serta Pemkot Ternate, kali ini pejabat dari kedua pemerintahan tersebut melakukan koordinasi dengan panitia pusat Sail Tidore pada sejumlah kementerian dan lembaga terkait di Jakarta.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim bersama Pimpinan dan Angota DPRD serta sejumlah Asisten, Pimpinan OPD Malut dan Kota Tidore, sejak Selasa hingga Kamis melakukan koordinasi dengan Panitia Sail Tdore Pusat.

Walikota Ali Ibrahim langsung memimpin Tim yang terdiri dari Pimpinan dan Anggota DPRD Tidore, Asisten III Setda Pemprov Malut, sejumlah Pimpinan OPD Malut dan Kota Tidore, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) selaku Ketua Panitia Pusat Sail Tidore 2022 di Kantor Kemendag RI Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Rakor tersebut dipimpin Sekjen Kemendag, Suhanto. Pada kesempatan itu, Suhanto, meminta kepada Pemprov Malt bersama Pemkot Tidore Kepulauan agar dapat melakukan persiapan penyenggaraan Sail Tidore 2022 matang. Selain meminta panitia lokal terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, Suhanto juga berharap adanya penguatan kordinasi yang lebih intens di internal panitia lokal terutama antara Pemprov Malut, Pemkot Ternate dan Pemkot Tidore Kepulauan.

“Sehingga kalau ada kekurangan di daerah dapat diakomodir oleh panitia pusat, yaitu di Kemendag. Harapan kami kegiatan ini bisa berjalan lancar dan jangan sampai tertunda lagi,” kata Suhanto.

Menurut Suhanto, di tahun 2022 juga Indonesia telah memiliki sejumlah agenda atau kegiatan bertaraf internasional, di antaranya Sail Tidore 2020, G-20 dan acara internasional lainnya. “Oleh karena itu, setiap kegiatan internasional harus dipersiapkan secara matang,” harapnya.

Di tempat yang sama, Walikota Capt. Ali Ibrahim menjelaskan bahwa sebelumnya Pemkot Tidore Kepulauan telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Ternate dan Pemprov Malut yang ditindaklanjuti dengan pembagian tugas masing-masing.

Salah satunya, Ali menjelaskan, Pemkot Ternate bertanggungjawab sebagai daerah transit utama, sehingga mereka menyiapkan dukungan transportasi, akomodasi hingga tenaga kesehatan dalam menerima para pengunjung maupun tamu VIP dari Jakarta dan mancanegara.

“Membangun komunikasi dan koordinasi ini penting. Termasuk melibatkan Pemkot Ternate, karena mereka yang punya wilayah sekaligus sebagai salah satu pintu masuk di Maluku Utara. Itu salah satu upaya menyukseskan Sail Tidore 2022,” kata Ali saat menyampaikan kondisi lapangan perisiapan Sail Tidore di Kemendag RI.

Sebelumnya, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemprov Malut, Asrul Gailea bersama Asisten Setda Bidang Pmerintahan dan Kesra Kota Tidore, Sofyan Saraha, didampingi Kadis Perindagkop Kota Tidore dan Sekretarus Dinas Pariwisata Malut, melakukan Rakor dengan Kementerian Luar Negeri yang masuk dalam panitia Sail Tidore di bidang Diplomatic Tour pada Rabu siang, (26/1/2020).

Demikian juga sejumlah Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan OPD lainnya yang telah bertemu dan berkordinasi dengan Kementerian Pemuda dan olahraga yang masuk dalam Panitia Sail Tidore bidang Seni, Budaya dan Olahraga Bahari, Kemterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang masuk dalam bidang Acara Puncak. Sementara Staf Ahli Walikota Yakub Husain, bersama Kadis Perpustaan dan Kearsipan, Ade Rakib, pada Rabu lalu juga telah melakukan koordiansi dengan lembaga ANRI terkait pameran Arsip pada saat Sail Tidore 2022.

Di tempat berbeda Kadis Kominfo bersama Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Tidore Kepulauan, Kamis siang, (27/1/2020), melakukan koordinasi dan pertemuan dengan Kementerian Kominfo yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore di bidang promosi, publikasi dan dokumentasi.

Share:
Komentar

Terbaru