-->

Kunjungan Pangdam XVI/Patimura Disambut Hangat Pemerintah Kota Tidore

Editor: Redaksi author photo
Walikota saat menyambut Pangdam di dermaga Trikora Kota Tidore Kepulauan


Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Patimura Mayjen TNI Agus Rohman,S.IP,M.I.H, Kamis (3/9/2020) pagi. melakukan kunjungan kerja ke Kota
 Tidore Kepulauan. Ini merupakan kunjungannya yang pertama ke Tidore sejak melakukan sertijab pada tanggal 24 Juli 2020 dari Pangdam sebelumnya, Mayjen TNI Marga Taufiq.

Pangdam bersama rombongan, tiba di pelabuhan Trikora Kelurahan Goto Kota Tidore pukul 09.00 WIT, dilanjutkan penyambutan tradisi Jokohale (injak tanah) yang merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertamakali menginjakan kakinya di bumi Tidore, kedatangan Pangdam disambut Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), turut serta dalam rombongan Kunker Pangdam XVI/ Patimura tersebut diantaranya, Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan beserta Ibu, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf. R. Moch Iskandarmanto bersama Ibu, Para Asisten dan Kabalak Kodam XVI/Patimura, Para Kasi, Pasi jajaran Korem 152/Babullah.

Pangdam begitu tiba di Tidore, langsung menuju ke Kadaton Kesultanan Tidore bersilahturahmi dengan pamangku Adat Kesultanan Tidore. Setibanya di Kadaton, rombongan diterima Sultan Tidore Jou Husain Syah bersama Bobato Adat Kesultanan dan sejumlah Pimpinan SKPD.

Dalam kesempatan Tersebut Husain Syah mengucapkan selamat datang kepada Panglima Kodam XVI/Patimura beserta rombongan di Kota Tidore Kepulauan. Sultan Tidore Jou Husain Syah dalam paparan singkatnya menyampaikan bahwa Tidore mempunyai 2 figur yang menjadi perekat, penyemangat dan selalu memberikan inspirasi serta motivasi kepada kami untuk berjuang dan selalu tetap dalam bingkai NKRI.

Yaitu Muhammad Amiruddin Syah (Sultan Nuku) yang mempunyai andil besar sepertiga dari wilayah RI adalah hasil dari kerja kerasnya selama 28 tahun menjadi Sultan Tidore, dan salah satu putera terbaik Tidore yang telah menjadi Pahlawan Nasional di Negara Afrika Selatan Tuan Guru Imam Abdullah Bin Qhadi Abdusalam.

Sementara Pangdam dalam sambutannya mengatakan sangat bangga bisa berkunjung ke Kota Tidore yang terkenal dengan kearifan lokalnya, dan keindahan alamnya yang luar biasa, serta keramahan warga masyarakat Tidore Kepulauan pada kunjungan kali ini.

Setelah itu Pangdam bersama rombongan mengunjungi Makodim 1505/Tidore bertatap muka sekaligus memberikan pengarahan dan imbauan kepada Prajurit di jajaran Kodim 1505/Tidore. Dalam kesempatan tersebut Pangdam dalam imbauannya mengajak kepada seluruh prajurit di jajaran Kodim 1505/Tidore agar senantiasa menjaga netralitas TNI dan turut serta berperan aktif untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada dengan menjaga keamanan yang kondusif dalam rangka menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 09 Desember 2020, dan menghimbau kepada para Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD agar selalu memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayah binaannya agar terapkan Protokol Kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Dilanjutkan dengan jamuan makan siang di kediaman Walikota Tidore Kepulauan,  dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan Cenderamata berupa Plakat Pemda dan kain Putadino (tenun khas Tidore) kepada Pangdam XVI/Patimura.

Setelah melaksanakan serangkaian agenda kunjungan kerja ke Kota Tidore, rombongan Pangdam pun kembali bertolak kembali ke Ternate untuk selanjutnya ke Ambon Propinsi Maluku.

Share:
Komentar

Terbaru