-->

Pemkot Tidore Kembali Evaluasi Gugus Tugas Covid-19

Editor: Redaksi author photo
Sekda Drs. H. Asrul Sani Soleiman, M. Si, saat memimpin rapat evaluasi Gugus Tugas Covid-19 Kota Tidore Kepulauan,
Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan, melakukan evaluasi lanjutan terhadap kinerja pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang tergabung dalam stuktur Organisasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan.

Evaluasi tersebut dipimpin Sekretaris Daerah selaku Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Drs. H. Asrul Sani Soleiman, M.Si, dan dihadiri sekitar 24 orang pimpinan OPD yang masuk dalam Tim Gugus Tugas, berlangsung di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 di ruang rapat Sekda, Kamis (9/4) pagi.

Asrul Sani Soleiman mengevaluasi kinerj OPD yang belum bersinergi dengan unit kerja lain diluar OPD yang masuk dalam Gugus Tugas. “Perlu siniergitas dalam bekerja dengan instansi lain supaya langkah pencegahan penyebaran virus corona ini lebih maksimal di tingkat lapangan,” evaluasi Asrul

Orang nomor tiga di Kota Tidore Kepulauan ini juga menilai masih lemahnya koordinasi lintas Gugus Tugas terkait dengan percepatan penanganan yang bersifat segera. Asrul mencontohkan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit yang tiba di pelabuhan pintu masuk dan sudah ditahan oleh petugas di lapangan, terlau lama menungu untuk dievakuasi ke lokasi karantina.

“Mereka harus segera dibawah ke lokasi karantina, jangan biarkan terlau lama di tempat tersebut. Untuk itu, masing-masing OPD harus segera tanggap dan segera berkoordinasi untuk mengambil langkah cepat sesuai uraian tugas yang sudah ditetapkan,” terang Asrul.

Asrul sani meminta para Pimpinan OPD agar tanggap terhadap setiap situasi yang terus berkembang, bertindak cepat, cermat dan tepat dalam penanganan pencegahan penyebaran virus corona. “Meskipun di Kota Tidore Kepulauan belum ditemukan kasus positif virus corona, tetapi kita tidak boleh lengah, harus ada langkah antispasi dan pencegahan secara terpadu, terencana dan terukur,” evalausi Asrul lagi.

Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, yang menyempatkan waktu hadir dalam rapat evaluasi tersebut, mengingatkan kepada jajarannya untuk melakukan langkah antisipasi di saat memasuki bulan suci Ramadhan nanti. Untuk itu, perlu diantisipasi terhadap kedatangan para mahasiswa atau anggota masyarakat yang saat ini berada luar daerah. “Jadi, harus segera antisipasi kemungkinan terjadinya kekurangan tenaga medis di lapangan,” ujar Ali Ibrahim.

Ali meminta kepada Pimpinan OPD agar melaksanakan seluruh tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan alur penanganan Covid-19 ini. “Saya minta dinas kesehatan segara mengambil langkah jika terjadi  kekurangan tenaga medis dalam penanganan Covid-19 di saat terjadi mudik mahasiswa dan masyarakat pada bulan suci Ramadhan nanti,” kata Ali.

Sebelumnya pada Senin lalu, (6/4), digelar juga evaluasi serupa yang menyoroti masalah tertib administrasi bagi seluruh anggota Gugus Tugas dari unsur OPD selama menjalankan tugas penanganan Covid-19 di lapangan, anara lain laporan dan data terkait orang dalam pemantuan (ODP) serta penggunaan anggaran yang harus disertai dengan bukti penggunaannya untuk apa.


Share:
Komentar

Terbaru