Pemkab Halbar Gelar Launching Program "Siang - Malam Terang"

Editor: Redaksi
Icon Halbar | Foto Istimewa

JAILOLO,MALUT.CO -
Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) menggelar 'Launching' secara simbolis lampu tenaga surya dengan tajuk "Siang Terang Malam Terang" sekaligus peresmian Land Mark "Welcome To Halbar" di Desa Guaeria, Kecamatan Jailolo, Sabtu, 30 Desember 2017, pukul 20:30 wit, malam ini. 

Yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Bupati dan Wabup Halbar, Danny Missy dan Ahmad Zakir Mando, Sekda Halbar, Syahril Abdurajak, Kapolres Halbar, Bambang Wiriawan, Kasdim 1501/Tte, para staf ahli dan asisten Kabupaten Halbar, dan seluruh SKPD Kabupaten Halmahera Barat.

Bupati Danny Missy mengatakan, launching lampu tenaga surya dengan nama program 'Siang Terang Malam Terang' ini telah dimulai dengan uji coba sekaligus peresmian, "Welcome to Halbar".

"Ini menjadi salah satu contoh nanti, karena kampung Guaeria itu, kita akan membuat satu kampung yg special dan kampung yang semuanya akan di pasangin tenaga surya mulai dari penggunaan, AC, TV, Freezer, Kulkas, maupun Setrika." kata Danny.

Lanjut Danny, ini akan menjadi contoh untuk desa-desa yang lain, juga desa terpencil yang belum tersentuh aliran listrik.

 "Ini mandiri tidak terhubung dengan PLN, semuanya melalui tenaga surya, muda-mudahan dengan launcingnya ini menambah satu kekayaan lagi bagi kita, bahwa Desa Guaeria itu akan dijadikan Desa Pariwisata, selain itu desa Guaeria juga punya potensi perikanan dan potensi etnik, banyak warga Papua di desa ini," ungkapnya. 

Bupati mengaku, dirinya sudah memberitahukan kepada para Kades dan perangkatnya, nanti di sekitar Welcome to Halbar dapat diadakan rumah singga atau tempat singga yang beretnik Papua. 

"Dari Welcome to Halbar ini, dengan kerja sama yang baik. Halbar selangkah demi selangkah bisa menikmati yang namanya kemajuan. Kami akan membenahi seluruh infrastruktur yang ada, sehingga pariwisata, perikanan, pertanian, bisa lebih berkembang lagi," harap orang nomor satu di Halbar itu. 

Danny berharap, dengan berbagai kerjasama yang dilakukan pemerintah saat ini, akan ada perkembangan daerah ke arah yang lebih besar lagi tentang penggunaan tenaga surya untuk masyarakat Halbar. 

"Jadi Desa Guaeria itu tidak fokus jalan darat, kita khususkan jalur laut, ini untuk memperlancar transportasi laut Halbar," tutup Danny. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru