Saat Buka Rakor Pemdes, Ini Peringatan Sekda Kepada Para Kades

Editor: Redaksi
Suasana Rakor | Foto Donis Katengar

MABA, MALUT.CO -  Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa tahun 2017 dengan tema "Membangun Sinergitas Program Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Menuju Halmahera Timur yang Maju, Mandiri dan Sejahtera, yang digelar di Aula Kantor Bupati Haltim, Kamis 9 November 2017.

Rakor yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Pemkab Haltim, Moh Abdu Nasar, yang dihadiri Ketua DPRD Haltim beserta anggota, Kejari Tidore Kepulauan, KPPN Tobelo, para Kades se Haltim dan sejumlah pejabat teras Pemkab Haltim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Haltim, Badalan Uat menyampaikan, melalui Rakor yang dilaksanakan itu guna menselaraskan pemerintahan desa dengan pemerintah daerah demi kemajuan Haltim ke depan.

"Sinergisitas antara Pemdes dengan Pemkab Haltim, agar kemandirian masyarakat untuk terciptanya kesejahteraan," jelasnya.

Sementara Sekda Haltim, Moh Abdu Nasar mengatakan, dengan adanya dana desa (DD), maka desa bisa membentuk BUMDes guna meningkatkan ekonomi kerakyatan demi memajukan kesejahteraan masyarakat. 
"Desa juga mempunyai kewenangan untuk mengelola keuangan dana desa," ujar Sekda dalam sambutannya.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan adanya program pemerintah pusat untuk memajukan desa, sehingga kucuran dana desa terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. 
"Dana desa disetiap tahun akan mengalami peningkatan. Di Haltim tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar Rp 81 miliar lebih dan tahun di tahun 2018 sebesar 83 miliar lebih," ungkap Sekda.

Sekda juga mengigatkan para kades agar menggunakan anggaran sesuai peruntukan. 

"Untuk itu perlu saya ingatkan kepada para Kades, hati-hati dalam pengelolaan dana desa, karena diawasi semua pihak termasuk kejaksaan dan pihak kepolisian," pinta Sekda. 

Don
Share:
Komentar

Terbaru