Kades Terpilih Desa Togoliua diduga Pakai Ijasah Palsu

Editor: Redaksi
Ijasah paket C yang diduga Palsu | Malut.Co/Mufrid Tawary


TOBELO,MALUT.CO - Kepala Desa terpilih, Desa Togoliua Kecamatan Tobelo Barat, Kabupaten Halmahera Utara Bernama Sunarto Hamam diduga kuat menggunakan ijasah palsu. 

Pasalnya, ijasah paket C milik Sunarto yang dikeluarkan oleh dinas Pendidikan Halut  tanggal 15 Mei tahun 2015 itu, terungkap  bukan di tandatangani oleh Pitson J Kutani selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadispora) Halut waktu itu. 

“Jadi ketika kami tanya ke Pitson. Beliau hanya menggelengkan kepala,” Ujar Ilyas Kaiyeli. Kamis 26 Oktober sore tadi. 

Diceritakan Ilyas, saat menemui Piston selaku mantan Kadispora Halut dikediamannya, di Desa Gura Kecamatan Tobelo. Dia (Piston) mengaku, bahwa tandatangan yang tertera pada Ijasah Sunarto bukan miliknya. 

“Jadi kata Pitson dirinya tidak pernah tandatangan Ijasah milik Sunarto,” jelasnya.

Sementara, Alhabsy Podo, salah satu warga Desa Togoliua mengaku, dirinya sama - sama membuat ijasah Palsu Sunarto pada salah satu warga Kecamatan Galela berinisial AS. 

“Jadi Ijasah Sunarto itu palsu. Karena waktu membuat nya itu sama - sama dengan saya,” Tegas Alhabsy.

Anehnya, Ijasah milik Sunarto yang dikantongi Dinas Pemberdayaan Desa Tertinggal (DMPD) Halut, justru berbeda seperti yang diserahkan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). 

“Sangat aneh kok ijasah yang dipegang Panitia Pilkades dan Tim verifikasi dari DPMD bisa berbeda. Ada apa ini,” Ungkap Hujail Hi Husain. 

Hijail meminta agar DPMD Halut bisa meluruskan kasus ini. Jika tidak pihaknya akan membawa masalah ini ke rana hukum. Karena Sunarto telah memanipulasi dokumen negara. 

Zet
Share:
Komentar

Terbaru