Bongkar Muat Kontainer Pelabuhan Babang Meningkat

Editor: Redaksi
Aktivitas pelabuhan babang | Malut.Co/Safri Noh

HALSEL,MALUT.CO - Aktivitas bongkar muat Kontainer di Pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), semakin meningkat. Beroperasinya kapal kontainer diakhir november 2016 lalu, awalnya hanya 32 uit kontainer namun saat ini bongkar muat kontainer mencapai 300 unit setiap bulan.

"Yang pertama hanya 32 unit, dan sekarang 300 unit dalam sebulan," akui Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Hi Hamza. Saat ditemui Malut.co pada Kamis 19 Oktober 2017.

Dirinya menambahkan, bahwa dari 300 bongkar muat kontainer di pelabuhan Babang, terdapat 60 kontainer yang diisi ikan untuk dikirim ke Surabaya, selain itu Kopra, Pala, Cengkeh, dan Kayu yang dipasok dari Halsel ke Surabaya. 

Sedangkan kontainer yang dibongkar dari Surabaya, terdapat sembilan bahan pokok dan bahan bangunan. "Dalam satu bulan, terdapat 60 kontainer untuk ikan," jelasnya.

Sementara untuk kapal kontainer yang melayani kontainer dengan rute reguler yang bukan tol laut, yakni Kapal Mentari Persada dan Mentari Sentosa, bahkan lebih dipercepat, pihak Asosiasi lebih mengutamakan pelayanan maksimal bagi pengusaha lokal yang menggunakan jasa kontainer. 

"Kalau pembongkaran mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 subuh, maka esok harinya kontainernya langsung dibuka untuk pengambilan barang pengusaha lokal agar segera diantar," tutup Hi. Hamza.

Rfq
Share:
Komentar

Terbaru