PT. Wanatiara Persada Belum Taat Pajak

Editor: Indotema.com
LABUHA,MALUT.CO- Unit Pelayanan Teknis Badan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), tampaknya tidak main-main dalam menertibkan surat-surat kendaraan yang beroprasi di Wilayah Kabupaten Halsel, termasuk kendaraan yang digunakan perusahaan pertambangan.

Pada Rabu 9 Agustus 2017, UPTB Samsat Halsel, yang dipimpin langsung oleh Kepala UPTB Samsat Halsel, Fikri Abusama, mendatangi PT. Wanatiara Persada, yang berlokasi di Haul Sagu Desa Kawasi Kecamatan Obi Halsel, untuk mengindentifikasi dan pengambilan data jumlah kendaraan yang digunakan PT. Wanatiara Persada, sebagai kendaraan operasional pertambangan, mulai dari kendaraan roda dua, roda empat, alat berat hingga alat besar.

"Kedatangan kami untuk mengecek langsung," kata Fikri di hadapan Site Manager PT. Wanatiara Persada, Setiawan Adi Purnomo.


[caption id="attachment_4402" align="alignnone" width="600"] Suasana pertemuan antara Kepala UPTB Samsat Halsel, Fikri Abusama dengan menagemen PT. Wanatiara Persada | Foto Rfq Malut.Co[/caption]

Dalam pertemuan penyampaian tujuan kedatangan UPTB Samsat Halsel, Fikri menjelaskan, pendataan jumlah kendaraan yang dimaksud, untuk dapat mengetahui berapa banyak kendaraan yang digunakan sebagai operasional di PT. Wanatiara Persada, sehingga pihak dapat mengindentifikasi besaran pendapatan dalam hal ini Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), pajak Penggunaan Bahan Bakar Minya (BBM), termasuk Air permukaan dan Pajak Rokok. Hal ini dilakukan sesuai dengan Undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, yang termuat dalam BAB II Pasal 2.

"Seluruh kendaraan yang dioperasikan PT. Wanatiara Persada, termasuk Sub Kontraktornya," jelas Fikri.


[caption id="attachment_4405" align="alignnone" width="600"] Sejumlah kendaraan milik PT. Wanatiara Persada | Foto Istimewa[/caption]

Sementara Site Manager PT. Wanatiara Persada, Setiawan Adi Purnomo, di hadapan petugas UPTB Samsat Halsel, menyatakan pihaknya belum dapat menyediakan seluruh data terkait dengan kendaraan yang beroprasi di PT. Wanatiara Persada, terutama milik Sub Kontraktor yang bekerja dibawah tanggungjawab PT. Wanatiara Persada, karna data terbaru yang dimiliki pihak managemen, yakni kendaraan milik PT. Wanatiara Persada, diluar Sub Kontraktor. Kondisi tersebut pihak manajemen PT. Wanatiara Persada, meminta waktu usai pertemuan untuk berkoordinasi dengan pihak Sub Kontraktor, untuk menyampaikan data terbaru terkait dengan kendaraan bermotor yang dimiliki.

"Kalau milik PT. Wanatiara Persada, sudah lengkap, tapi milik Sub Kontraktor belum ada, nanti kami koordinasi untuk menyediakan data yang diminta," tutup Setiawan.

Selain data yang dicek, pihak UPTB Samsat Halsel, juga akan mengecek langsung pada setiap kendaraan di lokasi, yang rencananya pada Kamis 10 Agustus 2017, bersama dengan puhak perusahaan PT. Wanatiara Persada.

Rfq
Share:
Komentar

Terbaru