Danny Harap Tradisi Babari Bisa Genjot Sektor Pertanian

Editor: malut.co

Kunjungan Bupati Halmahera Barat, Danny Missy, untuk meninjau langsung pelabuhan Desa Tungute Ternate Kecamatan Ibu,  Selasa 15 Agustus 2017   | Foto : malut.co/Ruslan 
JAILOLO,MALUT.CO- Tradisi Babari, diharapkan dapat menggejot sektor pertanian Halmahera Barat, sebagai program unggulan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Halmahera Barat, Danny Missy, Selasa 15 Agustus 2017, di sela-sela kunjungannya dalam meninjau langsung pelabuhan Desa Tungute Ternate Kecamatan Ibu. Sekadar diketahui pelabuhan tersebut merupakan penghubung ke tempat wisata-wisata di Kecamatan Loloda.

"Kelompok Babari (gotong royong) ini sifatnya sosial dan tidak dipungut biaya. Di samping pelaksanaan pekerjaan bersifat sosial diharapkan agar dalam program Pemerintah menanam jagung, maka kelompok Babari ini juga harus mendukung program pemerintah untuk menanam jagung karena akan menambah pendapatan masyarakat," kata Bupati Danny di hadapan warga setempat.

Daerah di Kacamatan Tabaru, didukung kesediaan lahan yang luas dan subur. Oleh karena itu, perlu kesediaan warga yang telah terbiasa dalam tradisi Babari mendukung program pemerintah melalui perkebunan jagung.

Bantuan Gereja dan Rumah Tak Laik

Dalam kesempatan yang sama, juga memberikan bantuan kepada Gereja Sebaot Desa Togorebatua Kecamatan Ibu Tabaru. Ia juga mengimbau warga Togorebatua yang memiliki rumah tak layak huni agar segera menyampaikan datanya ke Kadis Perumahan dan Pemukiman Halbar. Selanjutnya, diberikan bantuan dari pemerintah lewat instansi tersebut.

Sekadar diketahui, Danny memberikan bantuan 50 karung semen untuk pembangunan Gereja di Togorebatua tersebut telah di berikan bantuan semen sebnyak 50 .

"Kebutuhan masyarakat terkait dengan kesehatan, pendidikan dan dokumen kependudukan (e-KTP, Akte, KK dan Akte Nikah) agar segera disampaikan ke terkait melalui camat untuk di tindaklanjuti, karena semuanya akan di layani secara gratis, " jelasnya.


Lan/ADV
Share:
Komentar

Terbaru