Upaya Penyelewengan 11 Ton BBM Diamankan

Editor: Taufik
[caption id="attachment_3619" align="alignnone" width="600"] Puluhan Drum BBM di Pantai Desa Wari yang diangkut ke Polres Halut | Zet-Malut.Co[/caption]

TOBELO,MALUT.CO-Bahan Bakar Minyak jenis Premiun dan Solar sebanyak 11 ton diamankan oleh Personel Unit Intel Dim 1508, Intel Korem 152 Babullah Intel Kodam XVI Pattimura wilayah Halmahera Utara. Jumat 7 Juli 2017. Pukul 16.45.


BBM yang rencananya diselewengkan ke Pulau Morotai itu dibekuk tepat di Desa Wari Tobelo Utara.


Kepada Malut.Co Sersan Mayor Dora mengatakan BBM yang diamankan ini sebanyak 11 Ton. dengan rincian 55 Drum. “5 Ton Jenis Premium dan 6 Ton Jenis Solar,”ungkap Dora. Jumat 7 Juli 2017. Saat ditemui di TKP malam tadi.


Informasi tersebut diperoleh dari masyarakat yang menyaksikan pemuatan BBM di Pantai Desa Wari. Rencananya, BBM tersebut akan dibawa ke Pulau Morotai. “Ini penyelewengan. karena Fakturnya itu harus dikirim ke Maba. Tapi justru dialihkan ke Morotai,” tambahnya.


Terpisah,  Dandim 1508 Halut Letkol Arh Herwin Budi Saputra menuturkan Penangkapan distribusi penyelewengan  BBM oleh anggotanya merupakan tugas dan fungsi  Kodim  untuk membantu  pemerintahan daerah.


“Tindakan anggota saya adalah aplikasi dari operasi teritoral,” pungkasnya. Jumat 7 Juli 2017.


Tentu anggotanya itu telah berhasil membongkar jaringan perdagangan ilegal yang merugikan masyarakat, termasuk BBM yang disalahgunakan oleh pengusaha nakal.


Sementara, Seksi Sahabandaran UPP Tobelo Noh Said mengaku, berdasarkan aturan kegiatan kapal pemuatan BBM harus di laksanakan di Pelabuhan Tobelo. Selain itu, Kapal pengangkut harus layak dan memiliki kelengkapan Prosedur. Jika pemuatan BBM  di luar Pelabuhan Tobelo berarti bukan tanggung jawab  UPP.
“Kapal yang diamankan ini tidak memiliki surat ijin berlayar dari UPP,” terangnya.


Untuk barang bukti sendiri akan diamankan ke Polres Halut guna diproses lebih lanjut sesuai aturan yang ada. 


Zet/Aan

Share:
Komentar

Terbaru