Lahan Bandara Gamar Malamo Bakal Ditambah

Editor: Taufik
[caption id="attachment_3018" align="alignnone" width="600"] Lokasi Bandara Gamar Malamo | Foto Istimewa[/caption]

TOBELO,MALUT.CO-Bandara Gamar Malamo yang berlokasi di Desa Dokulamo Kecamatan Galela Barat, Bakal ditambah, oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, dengan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara.


Sekretaris Dinas Perhubungan Halut, Edison Hulukiti mengatakan, Pemkab sudah menyediakan anggaran pembebasan Lahan melalui APBD tahun 2017. "Tujuan pembebasan lahan untuk penambahan Runway," ujar Edison, kepada malut.co, Kamis 15 Juni 2017.

Menurut dia, warga yang tanahnya masuk dalam pembebasan lahan, akan ada biaya ganti rugi yang sediakan oleh Pemda, sebagaimana diatur dalam undang undang.

Sementara Kasub Seksi Tehnis Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat , Bandara Gamar Malamo Galela, Solihin Entje menyatakan jauh sebelumnya pihaknya sudah memasukan proposal permintaan pengembangan landasan pacu.


"Kami minta lahan yang harus dibebaskan berukuran 8,5 Hektar Yang mana untuk pembangunan landasan Pacu, dan pembangunan kantor," tuturnya.


Ia menegaskan pembebasan lahan adalah hak sepenuhnya Pemkab. " Harus segera direalisasi. Karena sudah banyak pohon kelapa Milik warga yang mengganggu penerbangan pesawat," katanya. (Zet/Aan)

Share:
Komentar

Terbaru