Anak Muda Hiri Gelar Festival Pulau Hiri

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_632" align="aligncenter" width="600"] Acara pembukaan Festival Pulau Hiri 2017 di Dhuafa Center, Kota Ternate (Foto : Ibas/malutco)[/caption]

TERNATE, MALUT.CO – Generasi muda Hiri gelar kegiatan Festival Pulau Hiri dengan menggagas tema Momorom Kie se Gam yang diresmikan tadi malam di Dhuafa Center Minggu, 26 maret 2017.


Festival yang dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Ternate, Abdullah Taher bersama Sri Sultan Tidore Husain Sjah dan dilanjutkan dengan agenda Siloloa (minta doa restu) kepada para tetua kampung tersebut berlangsung meriah.


Ketua panitia Abdullah Rahman Salam saat ditemui MALUT.CO menjelaskan mengenai asal usul dari tema yang digunakan dalam acara Festival Pulau Hiri. “Momorom Kie se Sam atau musyawarah kampung ini berasal dari kata dasar morom yang artinya berkumpul untuk berdiskusi atau musyawarah,” jelasnya.


Rahman juga mengatakan bahwa tradisi Morom adalah tradisi sebelum dilaksanakannya festival yang bertujuan untuk memperoleh dukungan dari berbagai pihak.


“Tradisi Morom biasanya dilaksanakan sebelum melaksanakan Babari atau gotong royong, tradisi inilah yg kemudian dimaksudkan oleh pemuda Hiri sebelum dilaksanakan Festival Hiri agar mendapatkan keterlibatan stakeholder," ujarnya.


Lebih lanjut, Rahman menyampaikan bahwa Hiri adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Ternate, “Pulau Hiri dalam history sejarah Kerajaan Ternate menjadi Garda terdepan dalam memerangi Penjajahan,” pungkasnya. (Ibas/red)


 

Share:
Komentar

Terbaru