Peringati Word Clean Up Day, Pemkot Tikep Gelar Aksi Pungut Sampah

Editor: Redaksi author photo

Dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sedunia (Word Clean Up Day) Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2021 yang dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, Walikota Tidore Capt. H Ali Ibrahim melepas secara resmi peserta jalan santai aksi pungut, pilah dan timbang sampah yang berlangsung di halaman depan Kantor Walikota Tidore, Minggu (19/9/2021).

Perayaan hari bersih-bersih sedunia (Word Clean Up Day) tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan PKK Kota Tidore Kepulauan, DWP Kota Tidore Kepulauan, Komunitas Plastik Ranger Tidore, dan Komunitas Pegiat Lingkungan Lainnya.

Mengawali sambutannya dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H Ali Ibrahim mengucapkan selamat kepada Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepulauan Ibu. Hj Safia Ali Ibrahim dan Wakil Ketua TP-PKK Ibu Hj. Rahmawati Muhammad Sinen yang telah dikukuhkan sebagai Bunda Penggerak Peduli Lingkungan Kota Tidore Kepulauan, “Semoga amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik serta dapat bersinergi dengan program dan kegiatan Pemerintah Kota di bidang lingkungan hidup.” Tutur Ali Ibrahim

Lebih lanjut Ali Ibrahim mengatakan bahwa penanganan sampah harus butuh kerjasama dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat, apalagi Kota Tidore Kepulauan telah 9 Kali mendapat penghargaan ADIPURA dari Presiden RI dengan predikat kota kecil terbersih se-Indonesia. Maka sudah menjadi tuntutan dan wajib bagi kita semua untuk terus menjaga dan memelihara kebersihan Kota menuju Tidore Jang Foloi.

“Saya juga menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan kepada bapak/ibu yang selama ini telah bekerja keras menjaga dan membuat kota ini selalu bersih, indah dan asri dari sampah. Terutama bapak/ibu para petugas Sogoroho Gam di Dinas Lingkungan Hidup, semoga segala jeri-payah dan pengabdian bapak/ibu bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” tutup Ali Ibrahim

Rangkaian perayaan Word Clean Up Day tersebut disertai dengan penyerahan secara simbolis tas olahan limbah tambler dan peralatan sendok travel dari Walikota Tidore Kepulauan kepada Bunda Penggerak Lingkungan, Perwakilan Anggota DPRD, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmawanita Persatuan dan Ketua GOW Kota Tidore Kepulauan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sjarif dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan jalan santai aksi pungut, pilah dan timbang sampah yang dilakukan ini sebagai sebuah gerakan bersama melalui edukasi dan kampanye dalam rangka mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah, sehingga terbiasa untuk mulai pilah sampah dari rumah.

“karena perilaku dan kesadaran pilah sampah mulai dari rumah belum berjalan maksimal berdasarkan data capaian kinerja pengelolaan sampah Kota Tidore Kepulauan, jumlah timbulan sampah 45,90 ton/hari, penyumbang sampah terbesar dari sampah rumah tangga yakni 28,81 ton/hari dibanding dengan jenis sampah dari kantor dan lainnya,” Kata Muhammad Sjarif

Lokasi jalan santai aksi pungut dan pilah sampah dilakukan dari halaman Kantor Walikota Tidore Kepualauan hingga depan Pasar Sarimalaha, kemudian berakhir dengan penimbangan sampah di depan gedung sentra promosi IKM Jalan Pantai Tugulufa. Adapun peserta jalan santai terdiri dari Pengurus dan Anggota TP-PKK Kota Tidore, Pengurus dan Anggaota DWP, Anggota DPRD, Perwakilan TNI/Polri, Pimpinan OPD dan ASN, Ketua dan Pengurus GOW, Perwakilan Mahasiswa dan Siswa, Satgas Sogoroho Gam serta Komunitas dan Pegiat Lingkungan Hidup.

 

Share:
Komentar

Terbaru