Pemkot Tikep Terus Lakukan Kesiapan Menjelang Pembukaan STQ Tingkat Nasional

Editor: Redaksi author photo


Penyelenggaraan STQ Tingkat Nasional ke 26 yang mendaulat Maluku Utara sebagai tuan rumah tepatnya di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan pada bulan Oktober mendatang, telah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan untuk menyukseskan penyelenggaraan tersebut.

Atas dasar inilah Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim bersama Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen juga menginisiasi pertemuan dengan melibatkan Perangkat Daerah Provinsi Maluku Utara sekaligus Panitia Propinsi STQ Nasional ke 26, OPD Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan termasuk Camat Oba Utara dan Camat Oba Tengah bersama seluruh Kepala Desa dan Lurah pada dua kecamatan tersebut, juga melibatkan BUMN di Sofifi. Pada hari Sabtu (25/9) bertempat di Aula kantor Camat Oba Utara.

Pada kesempatan tersebut Walikota 2 periode ini mengatakan  bahwa agenda pertemuan ini harus menuntaskan beberapa point yakni, kebersihan pengelolaan sampah,termasuk pemasangan umbul-umbul yang akan mempercantik Sofifi Sebagai tuan rumah nanti, pengecatan pagar-pagar rumah penduduk, penertiban hewan ternak, transportasi, penyediaan BBM,  penerapan Protokol kesehatan untuk meminimalisir Covid-19, Vaksinasi, dan ketertiban menjelang dan hingga acara  penyelenggaraan STQ Nasional berakhir nanti.

“Beberapa hal tehknis harus kita percepat, termasuk kebersihan, untuk itu lurah dan kepala desa serta Camat dapat menghimbau warga masayarakat untuk mendukung kegiatan STQ Tingkat Nasional ini, dengan menjaga kebersihan dan menertibkan hewan ternaknya” kata Ali.

Lanjutnya lagi, Capt Ali Ibrahim juga meminta khusus Kepada kepala PLN Sofifi “dapat menjamin arus listrik pada saat penyelenggaraan hingga berakhir nanti agar tidak akan padam, karena kunsi kesuksesan perhelatan Tingkat Nasional ini juga tergantung dari pasokan listrik”.

Hal serupa juga diharapkan oleh Wakil Walikota, Muhammad Sinen agar semua element masyarakat dan semua lintas sektor dapat berkoordinasi dan bekerjasama untuk menyukseskan perhelatan STQ Tingkat Nasional ini.

“STQ Tingkat Nasional ini harus kita sukseskan bersama-sama, khusus kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa bahwa hajatan ini berlangsung di Sofifi yang merupakan bagian dari Kota Tidore Kepulauan jadi, saya harapkan dapat lebih ekstra dalam menjalankan semua arahan untuk menyukseskan hajatan tingkat nasional ini.” Tutur Muhammad Sinen.

Wakil Walikota yang kerap disapa Ayah ini juga menegaskan tentang peran masing-masing

 “Jangan ada saling menyalahkan, hajatan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Semuanya harus terlibat aktif” ujar Wawali Tidore.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Provinsi Maluku Utara Salmin Janidi yang juga ketua panitia STQ Tingkat Nasional ke 26 mengaku terharu atas inisistif yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan yang diakuinya begitu peduli akan kesuksesan perhelatan hajatan Tingkat Nasonal ini.

“Jujur saya begitu terharu dengan semangat dan kerja keras dari Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan untuk itu saya memberikan apresiasi” kata Salmin.

Diakuinya lagi bahwa Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Perangkat Daerah Provinsi Maluku Utara siap bersinergi untuk mensukseskan STQ Tingkat Nasional ke 26 ini.

Dalam kesempatan tersebut juga membicarakan tentang ketersediaan alat PCR guna menunjang alat kesehatan di lokasi STQ nanti, serta dukungan melalui vaksinasi yang diakui oleh Saiful Kabid pada Dinas Kesehatan Tidore bahwa Kecamatan Oba Utara merupakan wilayah yang memiliki capaian tertinggi di Kota Tidore Kepulauan untuk jumlah masyarakat yang sudah divaksin, namun akan terus dilakukan vaksinasi dalam waktu dekat untuk ikut mensukseskan hajatan STQ Tingkat Nasional di Sofifi.

Dikatakan juga bahwa vaksinasi nanti menjadi alat wajib pada saat memasuki areal STQ Tingkat Nasional ke 26 di Sofifi.

Sehingga melalui kesempatan tersebut semua pihak diminta untuk mensosialisasikan vaksin kepada masyarakat. “Vaksin itu aman, vaksin untuk menjaga keselamatan diri dan juga orang lain dari paparan Covid-19. Apabila ada yang ragu bisa langsung menghubungi orang kesehatan, jangan takut untuk vaksin, dan jangan percaya hoaks. Karena sebelum vaksin, masyarakat akan dicek kesehatannya terlebih dahulu”. Tambahan kata dari dr. Silvia Umaternate Direktur Rumah Sakit Sofifi tentang vaksin sekaligus menutup rapat.

 

Share:
Komentar

Terbaru