Peringati Sumpah Pemuda ke-89, Purna Paskibraka Halbar Gelar Sejumlah Kegiatan

Editor: Redaksi
Suasana Pembukaan  | Malut.Co/Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - 
Memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 89, Purna Paskibraka Indonesia kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu 21 Oktober 2017 siang tadi melaksanakan kegiatan gerak jalan, seni dan budaya lokal. Kegiatan tersebut diikuti berkisar 20 regu dengan peserta menggunakan baju adat budaya Halbar pada khususnya dan Maluku Utara pada Umumnya.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ) itu dibuka secara resmi oleh Staf Ahli bidang Kesra dan SDM kabupaten Halbar Drs. Vence Muluwere M.si, mewakili Bupati Danny Missy, didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Jailolo Dr. Safrulah Rajilun, Wakapolres Halbar Kompol Latuwo SH, Keta PPI Prov Maut Mahli Aweng SE, Ketua PPI Halbar Abdan Mutaib.

Sambutan Bupati yang dibacakan Vence Muluwere, memberi apresiasi kepada jajaran pengurus Purna Paskibraka Indonesia Halbar yang sudah berinisiatif melaksanakan kegiatan gerak jalan, seni budaya dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Dikatakan Vence, Peringatan Sumpah Pemuda bagi kaum muda Indonesia, adalah pemicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia, sehingga cita-cita luhur itu telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari belenggu penjajah, agar bisa menentukan masa depan sendiri. 

Para pemuda-pemudi saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mengisyaratkan tanggungjawab bersama yang terus-menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indoensia, khususnya para pemuda, yang harus terus dikembangkan. 

Sedangkan Ketua Purna Paskibraka Indonesia Halbar mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan oleh Purna Paskibraka Indonesia kabupaten Halbar adalah bagian dari peranan pemuda dalam berkontribusi mengisi pembangunan dalam hal ini mengangkat kembali seni dan budaya daerah yang dikolaborasikan dengan gerak jalan. 

Kami berharap dapat memberikan semangat kepada pemuda untuk tetap terus berkarya, berinovasi, berpikir positif dan bekerja demi kejayaan bangsa dan menjunjung tinggi ikrar Sumpah Pemuda. Karena pemuda diharapkan dapat berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.

Peringatan Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017 yang sebentar nanti akan dilaksanakan oleh bangsa Indonesia bertepatan dengan gelora revolusi mental yang digalakan oleh presiden, amat relevan dengan pemuda yang maju dan berkarakter, memiliki inovasi dan kemajuan yang tinggi hendaknya menjadi spirit untuk pemuda terus membenahi diri agar bisa setara dan bersaing dengan negara lain. 

Pasalnya, dalam catatan sejarah, pemuda berperan aktif sebagai ujung tombak dalam mengantarkan bangsa dan negara Indonesia yang merdeka, bersatu dan berdaulat. Pemuda mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya melalui penyadaran, bagian dari pembangunan nasional seperti yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. 

Sementara laporan Ketua Panitia Farid Triyayoko menyampaikan, bahwa kegiatan gerak jalan seni dan budaya dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda ke 89 bertemakan " Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita bangun pemuda yang berkualitas, berkarakter mandiri serta berintegritas." Kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan rasa kesatuan dan persatuan secara utuh, menciptakan rasa nasionalisme jiwa pemuda Indonesia, meningkatkan persatuan dan kesatuan warga masyarakat, meningkatkan.

Dengan itu, Peserta lomba berkisar 20 regu dengan masing-masing jumlah peserta 12 orang itu akan diberi hadiah, pemenang lomba akan mendapat trophy dan uang tunai. 

Juara satu memperoleh trophy dan uang tunai sebesar Rp. 4.000.000. 
Juara dua memperoleh trophy dan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000. 
Juara tiga, memperoleh trophy dan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000. 
Juara empat memperoleh trophy dan uang tunai sebesar Rp. 1.500.000. Sedang Juara favorite memperoleh trophy dan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000.

Sekadar diketahui bahwa gerak jalan dan penerimaan hadiah akan diumumkan pada pkl.16.00 wit di lapangam Sasadu Lamo desa Acango kecamatan Jailolo Halbar.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru