Terlambat 8 Bulan, Dua Kades Akhirnya Dilantik

Editor: Redaksi
Suasana Pelantikan Dua Kades | Malut.Co/Safri Noh

LABUHA,MALUT.CO- Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba, pada Rabu 6 September 2017 melantik dua kepada desa yakni Desa Pulau Gala dan Desa Tawabi di Kecamatan Joronga, yang dipusatkan di Desa Pulau Gala.

Bupati Bahrain Kasuba, bersama rombongan yang tiba di Desa Pulau Gala Kecamatan Joronga, pada pukul 17.00 Wit, setelah bertolak dari Pelabuhan Pasar Baru Babang Kecamatan Bacan Timur pada pukul 14.45 Wit, disambut dengan tarian adat cakalele dan pembacaan doa oleh para badan Syarah di Desa Pulau Gala, berjalan lancar. 

Meskipun terlambat kurang lebih 7 jam dari jadwal yang ditentukan sebelumnya pada pukul 10.00 Wit, dikarenakan keterlambatan BBM untuk Speedboat operasional Bupati Halsel, yang disediakan Bagian Umum dan Perlengkapan Sekertariat Daerah (Setda) Halsel.

Kepala Desa yang dilantik periode 2017-2023 yakni Ruslan Rasyid sebagai Kepala Desa Tawabi dan Sunarto Bonso, sebagai Kepala Desa Pulau Gala, dengan dilakukan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Bupati  Bahrain Kasuba, serta penyematan tanda pangkat kepada kedua kepala desa yang dilakukan oleh Bupati Halsel. 

Dihadapan dua kepala desa serta masyarakat yang menghadiri acara pelantikan tersebut, dalam sambutanya Bupati Bahrain Kasuba, mengatakan bahwa dua kepala desa yang dilantik pada 6 September 2017 itu, adalah kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak pada November 2016 lalu, dan sebagian besar telah dilantik pada Januari lalu, yang dilantik hari ini terlambat karena terdapat persoalan yang harus diselesaikan dahulu. 

Maka dalam kesempatan pelantikan itu dengan penuh rasa haru, bahkan  sampai mengeluarkan air mata mengucapkan permohonan maaf kepada kepala Desa terpilih yang sudah bersabar untuk menunggu sampai pelantikan ini dilaksanakan pada hari ini, ia juga merasa bangga karena bisa memenuhi janjinya untuk melantik. 

"8 Bulan cukup lama, untuk suatu pemerintahan, hampir semua Kepala Desa sudah dilantik, tetapi dua Desa yang ada di Kecamatan Pulau Joronga ini tetap sabar menanti pelantikan hingga akhirnya dilantik." Tutur Bahrain.

Bupati juga mangatakan belum ada kata terlambat untuk memulai melakukan pembangunan di Desa Tawabi dan Desa Pulau Gala."Belum terlambat, mari kita sama-sama membangun Halsel kedepannya, tidak perlu diragukan lagi, karena kita semua berada di satu bingkai Sarumah," jelas Bupati.

Dalam acara itu Bupati juga mengingatkan bahwa sebagai Bupati dan semuanya jajarannya, baik ditingkat kecamatan sampai di Desa yang mempunyai kewenangan untuk sama-sama dapat melihat kondisi Daerah ini dan terus melakukan pendekatan kita kepada semua Masyarakat, tidak hanya mendengar Informasi saja tetapi kita harus turun dan melihat apa yang terjadi, apa dilakukan oleh Masyarakat yang ada di Kabupate Halsel.

Dalam waktu bersamaan setelah selesai Pelantikan Kepala Desa dilakukan juga Pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Tawabi Ariyanti Mado dan Ketua Tim Penggerak PKK Pulau Gala, Sitna Taib.
Bahrain Kasuba memberikan bantuan sarana perikanan kepada nelayan dari Pulau Gala, Desa Tawabi dan juga Desa Gonone berupah Rumput Laut. "Semoga dengan pemberian rumput laut yang tidak bernilai besar ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk keperluan Masyarakat yang ada di Kecamatan Pulau Joronga," harap Bupati.

Selain Bupati Bahrain Kasuba, hadir pula dalam pelantikan ini Perwakilan dari Dandim 1509 Labuha, Kpt.Inf Mustamin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halsel Bustamin Soleman, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan lingkungan Hidup (DPKPLH) Halsel Ahmad Hadi, Kepala Dinas perhubungan Halsel Suadri Indratubun, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Halsel Ardiani Radjiluen, Kabag Humas dan Protokoler Mujiburrahman, Ketua DPD PKS Halsel, Camat Bacan Selatan Yaman Dandimape, Camat Pulau Joronga Mahdan Abidin, serta Kepala-Kepala Desa di 5 Desa yang ada di Kecamatan Pulau Joronga. 

Rfq
Share:
Komentar

Terbaru